Buah Kerja Keras dari Konsistensi dan Nilai Positif dalam Bekerja Rabu, 04 Desember 2019

Buah Kerja Keras dari Konsistensi dan Nilai Positif dalam Bekerja Image © ISS Indonesia.

Memetik buah kerja keras selama lebih dari satu dekade lamanya, tentunya membutuhkan kesabaran. Tak hanya itu, kerja keras ini pun adalah bekerja yang diiringi dengan konsistensi dan menerapkan nilai-nilai positif. Inilah yang membawa Sutriah, Key Account Manager EMTEK Group selama 15 tahun perjalanan karirnya bersama ISS Indonesia.

“Yang terpenting kerja jujur, kolaborasi sama tim, tanggung jawab. Mau belajar juga, mau mengikuti perubahan. Kolaborasi yang baik dengan tim dan klien karena kita bukan hanya bekerja dengan ISS semata, tapi bekerja untuk klien juga,” tegas Sutriah.

Mengawali karirnya sebagai seorang cleaner pada Oktober 2004 lalu, perempuan kelahiran tahun 1981 ini optimis dengan jenjang karir yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa dan fasilitas tempat ia bekerja. Ia pun terus mengembangkan diri dengan mau belajar dari pengalaman bekerjanya sehari-hari, baik itu dalam bekerja bersama tim maupun ketika menghadapi klien.

“Kalau saya terapkan di area itu, klien rasa teman, ke tim juga sama. Kalau ketemu klien jangan tegang, anggap kita ini sebagai teman, sebagai mitra kerja. Bagaimana kita membuat kedekatan, jadi kita ajak mereka untuk sharing. Bukan hanya seorang klien itu tahunya ya, harus gini harus gini. Kuncinya adalah engagement. Kalau bisa kita dengan klien itu engage, maka suasana nyaman, suasana kerja juga lebih kelihatan lha,” ungkap Sutriah.

Sempat berpindah di beberapa area klien, Sutriah terbukti telah berhasil menapaki karirnya selama ditempatkan di area EMTEK Group sejak tahun 2008. Ketika itu, Sutriah yang telah terlebih dulu menjadi team leader, mulai dipercaya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai supervisor, lalu mendapat promosi sebagai site manager, hingga kemudian menjadi junior facility manager, dan kini sebagai key account manager.

Perjalanan ini ia yakini merupakan amanah sebagai seorang pemimpin, sekaligus sebagai seorang istri dan ibu di dalam keluarganya. Sutriah percaya, keberkahan akan mengikuti apabila sesuatu apapun ia lakukan dengan tulus. Seperti halnya ia tulus menjalani pekerjaannya dan untuk menjadi role model demi kemajuan bersama rekan-rekan kerja yang ia pimpin.

“Kalau briefing ya sering saya ingetin, saya arahin. Ke tim yang jelas bahwa kita harus jujur, 4 core values (nilai inti) ISS karena kita bekerja di ISS. Selain itu juga (saya ingatkan) bahwa di ISS itu ada peluang yang jauh membuka mata hati kita, bahwa kita di depan itu ada kesuksesan, kita sama-sama jemput kesuksesan itu. Mereka jadi termotivasi,” cerita Sutriah.

Banyak perubahan positif telah dialami Sutriah sejak bergabung dengan ISS Indonesia. Seperti halnya perubahan yang terjadi di area EMTEK Group yang bermula dengan 38 manpower di awal kerjasama pada tahun 2008, hingga di akhir tahun 2019 kini mencapai hampir 800 manpower.

Kebersamaan dengan sesama rekan kerja ISS Indonesia dan klien di area EMTEK Group pun terus ia jalin dan pererat melalui sejumlah kegiatan kekeluargaan. Seperti mengadakan kegiatan senam aerobik rutin setiap hari Rabu malam di lantai 7 SCTV Tower, juga kegiatan jalan kaki dan lari bersama di area Gelora Bung Karno (GBK) di setiap hari Jumat malam.

Sutriah adalah satu dari 11 pemenang Puntadewa Club yang dinobatkan dalam GREAT Award 2019 pada Maret lalu. Ia pun berhak atas hadiah utama 2 paket perjalanan umrah selama 10 hari, dan telah terealisasikan bersama dengan para pemenang lain pada bulan Juni lalu.


0 Komentar