BISA Memberi Contoh dan Terus Berinovasi Rabu, 13 Mei 2020

BISA Memberi Contoh dan Terus Berinovasi Image © ISS Indonesia.

BISA. Tak hanya berarti mampu, tapi juga Bersyukur, Ikhlas, dan Sabar. Bekerja juga dengan sepenuh hati, karena sesuatu yang keluar dari hati akan sampai ke hati. Begitulah yang diyakini oleh Budi Santoso dalam menjalani kehidupan dan profesinya sehari-hari.

Budi, seperti itu ia biasa disapa, memulai karirnya sebagai seorang cleaner sejak tahun 2009. Di usianya yang ke-28 tahun kala itu, tak ada keinginan apapun dalam benaknya selain bekerja dan mempunyai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membahagiakan keluarga.

Di tahun 2012, pria kelahiran Jember, Jawa Timur ini mulai mendapat penempatan di area pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) Plant Kraksaan milik PT HM Sampoerna Tbk. di Probolinggo, Jawa Timur. Di sinilah Budi mengawali titik balik dalam pengembangan karakter pribadinya, seiring dengan pekerjaan yang ia lakukan. Dari sosok yang pendiam, hingga memiliki kepercayaan diri untuk memimpin rekan-rekan kerjanya dengan bertanggung jawab mengayomi dan memberi contoh.

Lead by example, dari saya sendiri dulu yang memberi contoh misalnya dari kedisiplinan absensi. Di sini sendiri kita karyawannya juga hampir community, jadi memberdayakan warga sekitar. Makanya kalo dari segi kepemimpinan, paling tidak yang pertama kita rangkul mereka, kita jadikan teman dulu. Kalo teman nggak bisa, ya kita jadikan saudara. Intinya jangan sampai mereka takut sama kita, tapi bikin mereka segan sama kita,” jelasnya.

Banyak hal yang Budi syukuri dari profesi yang ia lakoni. Ia pun bersyukur, karena baik perusahaan penyedia jasa/layanan dan manajemen fasilitas yang menaunginya, maupun perusahaan tempat ia ditugaskan begitu memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

“Kalau dari ISS sendiri, safety first dari APD (alat pelindung diri) dan alat-alat lainnya kan di-support. Otomatis dari sisi pekerjaan di area, kita juga semakin kreatif, semakin aktif, melakukan penghijauan di area-area. Di PT HM Sampoerna Tbk. juga terkait safety itu strict (ketat). Yang kedua karena di SKT Plant Kraksaan ini kita dianggap sama, tidak dianaktirikan. Meskipun cleaning service alih daya, kita kalau ada acara apapun tetap diajak. Jadi rasa kekeluargaannya di SKT Plant Kraksaan ini tinggi,” tuturnya.

Hal itu ia akui telah membuatnya kerasan untuk bekerja. Lebih dari itu, dukungan kedua perusahaan pun ia dapatkan dalam menyalurkan dan mengembangkan hobinya melalui beragam inovasi. Adalah inovasi go green yang terus ia kembangkan bersama dengan timnya, karena kecintaan pada kebersihan, tanaman dan penghijauan.

“Menerapkan entrepreneurship we act (atau bertindak sebagai wirausahawan) itu dari segi taman juga kita lakukan pembibitan. Jadi seandainya ada pemotongan tanaman, kita lakukan pembibitan tujuannya agar pada saat ada beberapa tanaman yang mati, kita melakukan penggantian dari hasil pembibitan tersebut. Jadi tidak perlu membeli tanaman baru,” ceritanya.

Kini di masa lebih dari satu dekade lamanya ia berdedikasi, bekerja baginya bukanlah lagi sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bekerja baginya kini adalah sepenuh hati untuk terus berinovasi bersama tim, melakukan extra mile meskipun tidak termasuk dalam scope of work, hingga multitasking untuk pengembangan ketrampilan sekaligus menghemat biaya operasional.

Dalam masa dedikasinya itu pula, Budi Santoso membuktikan bahwa BISA memberi contoh dan terus berinovasi telah membawanya dipercaya mengemban tanggung jawab sebagai Service Supervisor PT Sampoerna Tbk. SKT Plant Kraksaan. Konsistensi kualitas dan kinerja baiknya juga menjadikannya sebagai salah satu karyawan teladan dalam penghargaan The Best Employee ISS Indonesia dan dinominasikan ke dalam GREAT Award 2020.

“Apa yang kita dapatkan nggak akan jauh dari apa yang kita tanam. Jangan lihat ke atas terus, lihat juga ke bawah. Jalani dengan sepenuh hati, karena kalau kita ngeluh terus ya nggak akan selesai. Lakukan yang terbaik, mudah-mudahan hasil tidak akan mengkhianati usaha,” tutupnya.

 


0 Komentar