Semangat Tinggi Demi Mencapai Kesuksesan Masa Depan Sabtu, 11 Juli 2020

Semangat Tinggi Demi Mencapai Kesuksesan Masa Depan Image © ISS Indonesia.

Sugiarto, 27, memang tak pernah mengira kalau dirinya akan bekerja di dunia pelayanan jasa dan manajemen fasilitas. Ia pun tak menyangka kalau tantangan, bahkan kegagalan yang pernah dialaminya, justru mampu membawanya pada manisnya perjalanan karir yang ia jalani hingga saat ini.

Sekilas mengenai awal perjalanan karirnya, Sugiarto merantau ke Jakarta dari kampung halamannya di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung pada tahun 2013. Ia yang kala itu hanya berbekal pendidikan SMA, mencoba peruntungan nasibnya dengan melamar pekerjaan di ISS Indonesia. Tubuhnya yang terbilang tinggi membuatnya sempat mendapat tawaran untuk menjadi petugas security. Namun karena masih belum memahami seluk-beluk wilayah ibu kota negara di waktu itu, sulung dari tiga bersaudara ini akhirnya memilih untuk bekerja di bidang cleaning service dan mendapat penugasan di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Dalam dua tahun pertamanya bekerja dan bertugas sebagai office boy, pria yang biasa disapa dengan Sugi ini belumlah memiliki tujuan hidup yang pasti. Kala itu, ia merasa telah cukup nyaman dengan rutinitas pekerjaannya sehari-hari. Sampai akhirnya ia tergerak untuk menggapai kesuksesan demi masa depan yang lebih pasti, setelah termotivasi oleh seorang pengawasnya.

Kesempatan untuk promosi menjadi team leader pun kemudian ia jalani. Namun rupanya, di kesempatan pertamanya itu belumlah menjadi rejeki baginya. Kegagalan yang ia bawa kembali ke areanya bahkan menjadi bahan ejekan dari rekan-rekannya. Tapi justru hal inilah yang memicu dirinya untuk bangkit dari kegagalan.

“Dari situlah, saya masih ingat karena kegagalan itu. Tapi pengawas saya terus memotivasi, sampai akhirnya saya bisa bangkit. Saya belajar lebih giat lagi, sebulan setelah itu saya ikut tes lagi dan akhirnya bisa lulus menjadi team leader,” ungkap Sugi yang kemudian mendapat penugasan sebagai team leader di area Terminal 2 Bandara Soekarno - Hatta pada tahun 2016 silam.

Seiring waktu berjalan, karakter Sugi dan caranya berkomunikasi dengan orang lain pun mengalami perkembangan, selain juga ketrampilan dan pengetahuannya dalam bidang pekerjaannya. Sugi yang dulunya pemalu kian termotivasi untuk memberikan pelayanan dengan keramahan, kejujuran, dan semangat pantang menyerah untuk menggapai kesuksesan. Keramahan dan kejujuran jugalah yang selalu ia tanamkan kepada diri sendiri dan rekan-rekan kerjanya.

“Namanya kita kan bekerja di bidang jasa. Ketika kita ramah pasti kita dianggap beda dengan yang lain, walaupun kita di bidang kebersihan. Dengan kejujuran sendiri kan bukan ketika kita kerja saja tapi di mana pun, di rumah, dengan siapapun, jujur menjadi pondasi nomor satu,” terang Sugi yang juga pernah ditugaskan di Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta, sebelum akhirnya mulai bertugas di area KSO IFPRO Executive Port ASDP Bakauheni di Lampung pada tahun 2018, untuk bisa lebih dekat dengan keluarga dan kampung halamannya.

Dalam dedikasinya selama lebih dari 6 tahun lamanya menjadi bagian dari keluarga ISS Indonesia kini, kebanggaan akan profesi pun semakin Sugi rasakan. Tak peduli seberapa besar tantangan yang menanti, ia akan terus berusaha menghadapi dan melaluinya sebaik mungkin. Ia bahkan menargetkan pencapaian jenjang karir yang lebih baik, setidaknya setiap dua tahun lamanya.

Sebagai Service Supervisor KSO IFPRO Executive Port ASDP Bakauheni sejak Oktober 2019 lalu, kualitas kerja Sugi telah mendapat pengakuan baik dari atasan maupun kliennya. Seperti halnya Building Manager Executive Port ASDP Bakauheni, Darman mengatakan, “Sugiarto itu orangnya cekatan. Kalo kita ada suatu panggilan atau ada permasalahan, responnya sangat cepat.”

Sementara itu Site Head KSO IFPRO Executive Port ASDP Bakauheni, Fahruroji mengakui bahwa Sugi adalah salah satu pengawas di areanya yang layak mendapatkan GREAT Award 2020 ISS Indonesia. Fahruroji mengatakan, “Karena Pak Sugi memiliki semangat kerja yang tinggi, disiplin yang tinggi, dan memiliki engagement (keterlibatan) yang tinggi terhadap tim dan klien.”

Sugiarto kini merupakan salah satu karyawan terbaik di ISS Indonesia, yang saat ini tengah memimpin hampir 40 manpower untuk pelayanan cleaning service, teknisi, dan customer service di areanya. Ia yakin bahwa timnya adalah kekuatan bagi dirinya dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Meski kegagalan sempat dialaminya, semangatnya yang tinggi membuat perjuangannya mencapai kesuksesan tidaklah tergoyahkan, yaitu untuk masa depan terbaik bagi keluarga kecilnya. Ia pun berharap, dirinya dan rekan-rekannya bisa terus berkembang bersama di ISS Indonesia.***


0 Komentar
Artikel Terkait