Semangat Mengembangkan Diri dengan Kualitas Pelayanan Terbaik Jumat, 24 Juli 2020

Semangat Mengembangkan Diri dengan Kualitas Pelayanan Terbaik Image © ISS Indonesia.

Rasa haru, bangga, dan bersyukur bercampur dalam benak Jufuandi, kala ia berhasil meraih penghargaan sebanyak empat kali berturut-turut sebagai karyawan terbaik dalam The Best Employee Awards di sepanjang tahun 2019 lalu. Ini adalah bukti keseriusannya dalam bekerja sebagai operator cleaning service di ISS Indonesia.

“Selama bekerja, saya memiliki perilaku yang baik, mengutamakan kejujuran, menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja, klien, maupun atasan. Selain itu, saya juga memiliki inisiatif yang tinggi ketika melakukan pekerjaan. Semua saya lakukan dengan mengikuti arahan dari atasan serta peraturan perusahaan,” ucap pria yang biasa disapa Jufu ini.

Jufu melakukannya tentu bukanlah tanpa alasan. Semua ini ia lakukan demi dapat meniti jenjang karir di perusahaan penyedia layanan/jasa dan manajemen fasilitas tempat bekerja/berkegiatan terdepan ini. Adalah cita-citanya untuk memberikan kebahagiaan kepada kedua orang tuanya, yang menjadi motivasi terbesarnya dalam menjalani pekerjaannya sehari-hari.

Hobi Jufu yang memang suka untuk bersih-bersih, membawanya pada pilihan profesi yang ia jalani kini. Mulai bekerja sejak akhir tahun 2017 lalu, pria kelahiran Desa Sei Sialang, Bagansiapiapi di Provinsi Riau ini meyakini kalau kebersihan merupakan bagian dari iman. Dalam enam bulan pertamanya bekerja, ia pun rela menempuh dua kilometer jarak ke area bekerjanya dengan berjalan kaki.

Jufu memang selalu mengutamakan disiplin waktu, dan terus belajar untuk lebih bisa mengembangkan dirinya. Meski kerap dihadapi tantangan dalam pekerjaannya sehari-hari, pria berusia 21 tahun ini mengakui kalau telah banyak perubahan positif pada pribadinya saat ini.

“Saya dulu orangnya pendiam, jarang ngomong. Sekarang berubah karena banyak ketemu sama orang-orang kantor, di area. Jadi tahu attitude-nya, sopan santunnya. Lagipula itu tuh lengkap dari 5S-nya (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Saya belajar. Perubahannya drastis sekali,” ucap Jufu yang selama hampir tiga tahun terakhir ini ditugaskan di area PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V di Kota Pekanbaru, Riau.

Tak jarang, Jufu juga melakukan extra mile dalam pekerjaannya. Selain untuk membantu klien ataupun rekan-rekan kerjanya, ia melakukannya supaya bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang banyak hal. Ia pun bersyukur bisa dipercaya sekaligus belajar tentang bahan-bahan kimia untuk proses pembersihan, atau tentang pemeriksaan mesin pembersih.

Dukungan dan apresiasi klien pun ia terima atas kinerja baik dan profesionalitasnya. Seperti halnya diungkapkan oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia PTPN V, Dwi Jatmiko Prayitno yang mengatakan, “Selama kurang lebih 2,5 tahun yang bersangkutan bekerja di ruangan ini, kami tidak pernah merasakan kekecewaan. Semoga yang terbaik dapat diberikan kepada Jufuandi.”

Bersama dengan hampir 30 manpower cleaning service di areanya kini, Jufu berharap ia dan rekan-rekan kerjanya dapat terus memberikan kepuasan pelayanan kepada klien. Baik itu dalam bekerja, dalam berbicara, dan juga berperilaku, ia selalu termotivasi untuk mampu memberikan kualitas kinerja terbaik kepada klien. Karena dengan begitulah, ia yakin akan berkesempatan untuk mencapai tujuan hidupnya kini.

“Saya ingin terus mencapai karir menjadi pengawas, bekerja lebih giat, dan berusaha belajar terus. Dari penghasilan yang saya dapatkan, saya ingin menabung untuk masa depan, dan membahagiakan kedua orang tua,” tutupnya.***


0 Komentar