Meniatkan Bekerja Layaknya Niat Beribadah Jumat, 14 Agustus 2020

Meniatkan Bekerja Layaknya Niat Beribadah Image © ISS Indonesia.

“Harus meniatkan bahwa bekerja itu adalah ibadah, karena pasti akan dilaksanakan dengan serius. Saat melakukan ibadah, kita tidak bisa melakukannya secara asal, begitupun saat melaksanakan tanggung jawab pekerjaan.”

Seperti itulah prinsip bermakna dari Agus Susanto, Facility Services Head of Specialized Services ISS Indonesia yang bercerita tentang cara ia bekerja dalam memimpin timnya. Lead by example atau memimpin dengan memberikan contoh, menjadi salah satu caranya dalam memberikan pembelajaran kepada timnya di area. Sesederhana ketika ia turut hadir saat briefing pagi, sebisa mungkin ia akan hadir lebih awal agar menjadi contoh nyata sekaligus memotivasi seluruh timnya untuk datang jauh lebih awal sebelum waktu briefing dimulai.

Sama halnya dengan hobinya bermain sepak bola, kesabaran dalam membina tim juga menjadi salah satu kunci Agus dalam menggulirkan putaran bolanya menuju ke arah yang tepat untuk dapat bersama mencetak gol atau mencapai tujuan tim, perusahaan, dan klien.

Saat ada anggota timnya yang melakukan kesalahan dalam bekerja, sebisa mungkin ia memaklumi dan berusaha memberikan pembinaan sekaligus solusi. “Selama tidak melakukan manipulasi, kesalahan bekerja tim operasional masih bisa untuk dipandu dan harus sabar membina tim dengan pengalaman yang berbeda. Sabar itu sendiri tetap ada koridor, selama tidak melanggar aturan dan harus berani menjalankan aturan yang benar,” tegas Agus.

Pria kelahiran 40 tahun silam ini meyakini bahwa dalam memimpin timnya, ia juga harus bisa melakukan empowerment atau pemberdayaan. Hal ini salah satunya ia lakukan dengan memberikan wewenang kepada tim saat mengambil keputusan, agar mereka juga benar-benar merasa bagian dari tim tersebut. Dengan kepercayaan yang ia berikan, ia berharap timnya akan semakin dewasa dalam mengambil sebuah keputusan.

Bagi rekan-rekan kerjanya, Agus adalah sosok pemimpin yang patut menjadi teladan. Seperti halnya kesan dari Housekeeping Manager Menara BCA Jakarta, Dian Herdiana yang menuturkan, “Agus Susanto adalah pemimpin yang dapat memfasilitasi kebutuhan klien dengan baik”, ucapnya mengapresiasi.

Sebagai pemimpin yang sudah berpengalaman di bidangnya, Agus sadar bahwa ia memiliki banyak tim dengan ragam perilaku dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Ia haruslah bisa menjadi pemimpin yang memiliki beragam solusi ketika suatu saat harus dihadapkan dengan kendala atau masalah. Hal ini pun sesuai dengan apresiasi dari pimpinannya, Operation Director of Specialized Services, Syaefullah yang mengatakan, “Agus adalah seorang leader yang mengedepankan teamwork, kreatif, inovatif dan mudah bergaul.”

Kini Agus tengah menapaki tahun kesembilannya di ISS Indonesia, sekaligus menjadikan perusahaan ini sebagai yang terlama yang pernah ia jajaki dalam perjalanan karirnya.  Bukan tanpa alasan tentunya. “Setiap tahunnya, saya selalu diberikan tantangan-tantangan baru dari perusahaan seperti mengelola berbagai jenis bisnis pelayanan yang berbeda, dan area yang berbeda-beda ragamnya, juga membuat saya semakin banyak belajar akan hal baru, sekaligus memperkaya diri dengan pengalaman yang saya dapatkan tersebut,” cerita ayah satu anak ini.

Dengan bekerja layaknya beribadah, yang diikuti dengan keseriusan untuk memimpin, Agus Susanto telah memberikan contoh nyata dalam keteladanannya. Ia berharap, dengan terus memberikan motivasi terbaik kepada timnya, mereka akan dapat menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, yang juga mampu menapaki jenjang karier yang lebih tinggi di ISS Indonesia.***


0 Komentar
Artikel Terkait