Terus Belajar Demi Karier Yang Lebih Baik Jumat, 21 Agustus 2020

Terus Belajar Demi Karier Yang Lebih Baik Image © ISS Indonesia.

Berangkat dari kegagalan dan kegagalan, Sujimin, 25, telah membuktikan bahwa dirinya mampu memperoleh kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Kegagalan yang pernah dialaminya ini padahal bukan hanya sekali atau dua kali, tapi sampai lima kali. Lima kali banyaknya, pria yang kerap disapa dengan Jimin ini berusaha lulus dalam ujian seleksi untuk menjadi seorang shift leader.

Kegagalannya berkali-kali ini membuat Jimin tak jarang menjadi bahan candaan dari teman-temannya. Meski dalam bentuk candaan, hal ini sempat membuatnya malu dan mengecilkan hatinya. Namun dukungan dari atasannya sewaktu ia masih memberikan pelayanan di area Sudirman Plaza, kemudian menjadi bahan bakar semangatnya setelah berkali-kali gagal.

“Jangan pernah berputus asa. Peluang masih panjang, masa depan kamu juga masih panjang. Kamu harus terus belajar dan belajar agar bisa menjadi shift leader kelak,” tutur Site Head Sudirman Plaza, Hairul Bahri, yang menyemangati Sujimin kala itu.

Hal ini pun mampu memicu semangat Jimin untuk belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi, juga berusaha dengan lebih maksimal lagi. Setelah lebih dari empat tahun lamanya ia menjadi operator cleaning service, barulah di usaha yang ke-enam kalinya, Jimin berhasil mendapatkan promosi dan meningkatkan kariernya.

“Saya terus belajar lagi dan lagi, serta apa yang masih kurang dalam diri saya untuk diperbaiki agar bisa lulus menjadi seorang shift leader,” tutur Sujimin yang kali ini telah lebih teguh dan memiliki tekad yang semakin kuat demi menggapai cita-citanya.

Jimin memang memiliki cita-cita untuk dapat menapaki jenjang karier yang lebih tinggi lagi di perusahaan penyedia workplace experience atau pengalaman di tempat kerja/berkegiatan terdepan yang menaunginya, ISS Indonesia. Shift leader di area PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang sangat dikenal dengan GO-JEK ini kini masih terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas kerjanya. Salah satunya ia lakukan dengan memperbaiki caranya berkomunikasi dan memperdalam pengetahuannya sebagai pengawas bagi timnya.

“Saya diajarkan untuk berbudaya menghargai orang lain. Setiap pendapat itu penting, dan agar bisa menghargai setiap pendapat yang berbeda serta harus bisa menerima pendapat dari orang lain,” ucap pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah ini.

Motivasinya untuk terus dapat berkembang dan berkarier membuat ia terus memperhatikan saat supervisor maupun site head-nya menyampaikan materi briefing, dan ia berusaha menjalaninya dengan sebaik-baiknya. Kinerja Jimin pun mendapat apresiasi dari pimpinannya beberapa waktu lalu, Site Head GO-JEK, Eko Purwanto yang mengatakan “Setiap diberi instruksi ia cepat tanggap, dan dijalankan, dan dilakukan secara cepat.”

Sujimin kini termasuk ke dalam anggota Bima Club, penghargaan dalam The Best Employee bagi karyawan yang mampu membuktikan kualitas kinerja terbaik dan konsistensinya selama empat triwulan berturut-turut. Pengalaman Sujimin seakan menyadarkan kita bahwa untuk menggapai sesuatu memanglah butuh perjuangan dan harus siap dihadapkan dengan kegagalan. Semangat dan tekad Sujimin pun tidaklah terhenti sampai di sini, karena ia akan terus belajar dan berusaha untuk menjadi karyawan yang lebih baik lagi.

“Saya masih ingin dan akan terus berkarier di ISS Indonesia, mencoba mengejar karir semampu saya pada perusahaan ini,” tutup Sujimin dengan penuh semangat.***


0 Komentar