Kebanggaan dalam Menggeluti Profesi Senin, 07 September 2020

Kebanggaan dalam Menggeluti Profesi Image © ISS Indonesia.

Kesukaannya dalam dihadapkan dengan tantangan membawa Waluyo, 33, memilih jalan profesi sebagai seorang petugas security. Bukan pilihan profesi bagi kebanyakan orang memang. Tapi bagi pria asal Wonogiri, Jawa Tengah ini, menjadi security adalah sebuah kebanggaan tersendiri.

Sejak bergabung dengan perusahaan penyedia layanan/jasa dan manajemen fasilitas, ISS Indonesia pada tahun 2007, Waluyo mendapat penugasan di area Pondok Indah Mall (atau PIM) 1. Di area ini jugalah, ia menghabiskan hampir 13 tahun dedikasinya dalam memberikan pengalaman luar biasa kepada pelanggan, karyawan, dan terutama pengunjung pusat perbelanjaan modern yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini.

Banyak hal yang telah Waluyo dapatkan dan pelajari melalui bidang profesinya ini. Dari tantangan demi tantangan yang ia hadapi, ia pun belajar untuk memecahkan berbagai permasalahan. Apalagi, permasalahan security utamanya berhubungan dengan aspek keamanan dan kenyamanan bagi orang banyak.

“Yang namanya mall itu kan identik dengan pasar. Setiap masalah itu pasti ada, misalnya copet, maling, masalah penertiban, seperti itu. Untuk menyelesaikan masalah ini, kerja sama tim dan koordinasi akan sangat dibutuhkan,” jelas Waluyo.

Bagi Waluyo, ketika kerja sama dan koordinasi itu dilaksanakan, permasalahan pun akan dapat terselesaikan. Dari laporan yang diterima, kerja sama dan koordinasi akan memungkinkan sebuah tim untuk mendiskusikan permasalahan, menemukan solusinya, dan membicarakan hal-hal yang akan dilakukan bersama-sama.

Belum lama ini, tepatnya pada awal Agustus lalu, Waluyo bersama timnya bahkan berhasil mengungkap sindikat pelaku pencurian handphone di areanya, atas kerja sama dan koordinasi bersama dengan Manajemen Pondok Indah Mall 1 dan Tim Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resor Jakarta Selatan.

Jauh sebelum itu, dan menjadi pengalaman yang paling berkesan baginya, Waluyo di tahun 2009 bahkan menerima penunjukan langsung dari salah seorang pimpinan manajemen PIM 1 untuk ditugaskan secara permanen di area food court, yang waktu itu sekaligus merupakan area baru di dalam mall.

Dalam tahun-tahun awal ia bekerja, tak pernah terlintas dalam benaknya untuk berpikir ke masa depan. Dari lima kali kesempatan promosi yang pernah ditawarkan oleh atasannya kala itu, telah ia sia-siakan. Alasannya hanya satu: belum berminat.

“Akhirnya saya pun berpikir, waduh, kalau saya lama-lama jadi anggota, masa depan saya seperti apa. Akhirnya saya mencoba dan saya lolos, sampai sekarang. Saya berpikir karena punya keluarga. Demi keluarga saya mencoba dan akhirnya sampai sekarang,” ucap Waluyo yang kini menjabat sebagai security supervisor.

Waluyo juga meyakini betul bahwa profesi yang ia jalani ini begitu membanggakan dan telah memberinya banyak hal, khususnya dalam mengubah pola pikir dan karakter pribadinya menjadi lebih baik.

“Saya berpikirnya sekarang jadi lebih matang, memikirkan anggota, memikirkan orang banyak. Di bawah saya, ada anggota yang harus kita pikirkan, dan anggota ini juga punya keluarga kan. Memikirkan juga dari harapan-harapan klien dan apa yang menjadi fokus pelayanan kita,” tegasnya.

Kemampuan Waluyo dalam melaksanakan tanggung jawab pekerjaan, hingga memecahkan permasalahan guna dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan pun diakui oleh rekan-rekan kerjanya, baik itu atasannya maupun dari pihak manajemen Pondok Indah Mall 1.

“Saya mengenal sosok Pak Waluyo adalah sosok pemimpin yang sangat berani, potensial, millennial, pengawas yang mampu mengatasi semua permasalahan. Setiap ada Pak Waluyo, klien kami selalu merasa happy,” ujar Site Head Security Pondok Indah Mall Complex, Eko Rustono.

Sementara itu Kepala Keamanan Pondok Indah Mall, Chuk Ngaderan mengatakan “Kinerjanya cukup baik di dalam me-manage anggota, baik pembinaan, pengawasan maupun pengendalian dan cepat tanggap di dalam penanganan masalah.”

Dalam menggeluti profesi yang ia banggakan ini, adalah kejujuran yang selalu menjadi hal utama baginya. Nilai kejujuran juga menjadi salah satu nilai inti dalam perusahaan tempat ia bekerja, yang selalu ditanamkan dan dihargai.

“Hidup kalau sudah jujur, itu akan dipercaya oleh orang. Tinggal kita melaksanakan kejujuran itu dimana. Butuh keterbukaan, butuh kejujuran dalam semua hal, tidak hanya soal materi,” tegas Waluyo akan prinsip hidup yang ia yakini.

Bersama dengan 52 anggota tim security yang ia pimpin di area Pondok Indah Mall 1 saat ini, Waluyo, salah satu karyawan terbaik dalam penghargaan “The Best Employee” ke-86 ISS Indonesia ini berharap akan dapat selalu konsisten memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada para pelanggan. ***


1 Komentar

Mantaappp komandan