Yakin karena Komitmen untuk Meraih Sukses Jumat, 11 September 2020

Yakin karena Komitmen untuk Meraih Sukses Image © ISS Indonesia.

Bekerja di dunia pelayanan/jasa dan manajemen fasilitas telah dijalani oleh Andi Juprihatianto selama 13 tahun terakhir. Mengawali pekerjaannya sebagai seorang operator cleaning service, pria kelahiran Jakarta, 32 tahun silam ini telah membuktikan bahwa keyakinan diri dan komitmennya dalam bekerja mampu membawa ia pada banyak kesuksesan.

Kesuksesan bagi Andi tidaklah melulu soal materi. Menurutnya, sukses berarti bagaimana untuk mencapai harapan yang diinginkan. "Saya percaya bahwa setiap orang itu punya kesempatan untuk sukses. Semua tergantung dari diri dan komitmen kita, sejauh apa untuk bisa mencapai kesuksesan itu," ucapnya.

Sejak bergabung di perusahaan penyedia pengalaman di tempat bekerja/berkegiatan (workplace experience), ISS Indonesia pada tahun 2007, Andi berkomitmen pada dirinya untuk dapat meniti jenjang karier yang lebih baik. Andi yang pernah mendapat penugasan di berbagai macam segmentasi area pelayanan, kemudian pada tahun 2009 dipercayakan untuk menjadi team leader pada sejumlah area di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ketika ia sudah yakin dengan kemampuan yang dimilikinya, ia pun percaya dengan kemampuan dirinya dan berani mengambil peluang untuk menapaki tahapan karier selanjutnya. Seperti halnya yang ia lakukan saat ingin mendapatkan kesempatan promosi menjadi supervisor di tahun 2012 lalu. "Saya mengajukan diri untuk ikut tes kaderisasi. Karena saya pikir, untuk apa saya harus lama-lama kalau secara ilmu dan pengalaman saya sudah cukup, kenapa saya nggak coba untuk supervisor," tuturnya.

Berpengalaman di area-area seperti mall, restoran, rumah sakit, hingga area pabrik manufaktur, Andi saat ini merupakan Site Head PT Unilever Savoury Plant Cikarang, sebuah pabrik yang memproduksi kecap Bango dan bumbu masakan Royco. Ia memimpin 117 manpower yang terbagi ke dalam tiga tim. Kepada timnya, ia begitu menanamkan disiplin dan komitmen sehingga klien bisa berfokus pada bisnis intinya.

Andi pun merasakan betul akan banyaknya ilmu yang telah ia dapatkan selama menjalani pekerjaannya. Termasuk untuk berdisiplin dalam hal apa pun, dan itulah kelebihan yang ia rasakan terhadap perusahaan tempatnya bekerja apabila dibandingkan dengan perusahaan penyedia jasa yang lain. "Kita konsisten untuk menjaga greeting, sopan santun, yang akhirnya secara nggak langsung menjiwai kita sendiri dan menjadi kebiasaan juga," jelasnya.

Di luar aktivitas pekerjaan sehari-hari, salah satu upaya Andi dalam membangun keterlibatan dengan timnya adalah melalui kegiatan olahraga. Andi menceritakan, "Setiap hari Jumat kita ada olahraga futsal. Kita juga engage, melibatkan diri tidak hanya pada aktivitas kerja saja, melakukan pendekatan ke tim itu salah satunya melalui olahraga."

Tak ayal, kemampuan Andi dalam mengelola timnya begitu diapresiasi oleh klien di areanya. Hal ini diakui oleh Expert Engineering Process PT Unilever Savoury, Arifudin yang mengatakan, "Yang saya rasakan selama ini, secara pribadi itu beliau mempunyai leadership yang sangat tinggi terutama untuk mengkoordinir tim di area. Di situ eksekusinya untuk me-manage tim sangat cepat, luar biasa."

Kemudian Production Asisten Manager PT Unilever Savoury, Fikih mengemukakan, "Pak Andi merupakan sosok yang responsif dan mampu mengkonsolidasikan aktivitas-aktivitas daily jobs pekerjaan yang ada di sini."

Sementara itu di mata pimpinannya, Andi dinilai sebagai pribadi yang selalu memperhatikan grooming atau penampilan ketika berhadapan dengan klien dan selalu energik. Menurut pengakuan Operation Head Manufacturing ISS Indonesia, Ahmad mengatakan, “Selama ini selalu siap, tidak pernah mengeluh setiap mendapat instruksi baik dari atasan maupun klien. Dalam hal komunikasi dengan klien secara keseluruhan sudah sangat bisa mewakili. Ke timnya juga dia sangat tegas.”

Andi bersyukur karena perusahaan tempatnya bekerja begitu comply atau patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dalam aspek ketenagakerjaan, hal itu sangat berpengaruh positif terhadap kinerja baik timnya. Ia pun berkomitmen untuk terus bisa berkontribusi kepada perusahaan tempatnya bekerja, memberikan growth dengan profit yang lebih baik lagi, dan sebisa mungkin menyerahkan laporan secara lengkap kepada atasannya.

Sebagai lulusan SMA, Andi sebenarnya berharap untuk bisa melanjutkan pendidikan formalnya ke tingkat yang lebih tinggi. Namun hal ini belumlah menjadi komitmennya, karena ayah dua anak ini mengutamakan keluarga sebagai prioritas masa depannya. Selain juga fokus untuk bekal kehidupan di akhiratnya nanti."Jadi keluarga itu adalah harapan yang paling nyata untuk memotivasi diri kita ketika sedang terpuruk atau jatuh. Saya lebih fokus ke pendidikan anak-anak dan juga fokus tidak hanya kehidupan duniawi saja, jadi untuk naik haji, umrah, dan saya rasa itu harapan semua umat muslim ya."

Andi Juprihatianto adalah satu dari sekian banyak karyawan teladan di ISS Indonesia. Kepada perusahaan dan rekan-rekan kerjanya, Andi menaruh harapan agar ISS Indonesia semakin berkembang dengan lebih banyak lagi area-area yang dilayani. Dengan begitu, kesempatan bagi timnya dan karyawan lain untuk mendapatkan promosi pun akan selalu terbuka, untuk meraih kesuksesan bersama.***


0 Komentar
Artikel Terkait