Hikmah dari Pelajaran akan Kejujuran dan Tanggung Jawab Kamis, 01 Oktober 2020

Hikmah dari Pelajaran akan Kejujuran dan Tanggung Jawab Image © ISS Indonesia.

Kejujuran merupakan hal yang sangat berharga dan menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi kebanyakan orang. Seperti halnya keberhasilan yang telah dibuktikan oleh Fredi, dalam sepuluh tahun lamanya ia berkarier di dunia pelayanan jasa dan manajemen fasilitas.

Dari berperilaku jujur, pria kelahiran Jakarta, 28 tahun silam ini belajar untuk bertanggung jawab serta banyak hal positif lain sehingga ia menjadi orang yang bisa dipercaya (trusted person). “Kejujuran itu kan dari masing-masing orang, dari diri sendiri. Kalau bukan dari kita, dari siapa lagi untuk menanamkan tanggung jawab,” tegasnya.

Ya, kejujuran dan tanggung jawab telah menjadi salah satu pelajaran yang begitu penting bagi Team Leader PT Tiara Marga Trakindo, Jakarta ini, sejak mengawali profesinya sebagai seorang gondolaman di ISS Indonesia. Kepercayaan demi kepercayaan pun ia dapatkan karena kejujuran dan tanggung jawab yang ia terapkan kepada dirinya sendiri, dan ia tanamkan kepada delapan orang gondolamen yang ia pimpin selama dua tahun terakhir. “Karena saya ingin mereka berubah, agar memiliki jenjang karier seperti saya. Jangan hanya di gondola saja, jangan di zona nyaman karena nggak ada hal yang abadi,” ucapnya.

Meski begitu, Fredi mengakui bahwa profesi gondolaman memang telah membawa tantangan tersendiri baginya. Bekerja pada kondisi yang cukup ekstrem, tepatnya pada ketinggian, seakan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan profesi yang lainnya. Apalagi ketika harus dihadapkan dengan kendala teknis, ketenangan untuk berpikir dan bertindak akan sangat diperlukan untuk menanganinya.

Dengan posisinya sebagai seorang team leader, ia pun dituntut untuk bisa menenangkan operator gondolamen-nya. “Kalau ada masalah cuaca, kalau lagi ada trouble di operator, apakah listrik mati atau yang lain. Tantangannya yang ekstremnya begitu. Kita masing-masing orang kan beda. Kadang ada operator yang panik, ada juga yang tidak. Nah, bagaimana kita ngarahin operator agar tidak panik,” ia menceritakan.

Dalam kendala seperti itu ataupun kendala lain dalam pekerjaannya, Fredi pun berusaha melakukan pendekatan-pendekatan yang ia harapkan dapat memotivasi rekan-rekan kerjanya. “Menanganinya ya secara ngobrol biasa. Kita tanya apa kendalanya, masalahnya apa, kenapa bisa trouble. Pokoknya yang harus kita support. Masalah lain, pendekatan saya juga konseling dulu, saya tanya-tanya, kalau memang ada masalah diomongin baik-baik agar saya bisa bantu pecahkan masalah atau kasih solusi yang baik,” ungkapnya.

Ketika masalah terpecahkan, pelayanan kepada klien pun akan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang optimal. Sebagaimana kemampuan Fredi dalam menyampaikan pelayanan ia dan timnya mendapat pengakuan dari klien. Area Head ABM Group, Hariyanto mengatakan, “Fredi memiliki mimpi, target dan tujuan hidup yang ingin dicapai. Keinginannya sangat kuat untuk menggapai mimpi dan telah dibuktikan dengan hasil kerja dan tim yang sangat luar biasa.”

Sementara itu, Supervisor ISS Indonesia untuk area PT Tiara Marga Trakindo, Aris Suryaman menilai, “Menurut saya saudara Fredi itu sosok yang tegas dan disiplin, berkemauan keras untuk maju dan giat untuk belajar. Menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya juga yang sedang berusaha untuk proses promosi jabatan. Semoga semakin banyak orang-orang yang terinspirasi oleh keberhasilan Fredi.”

Jika dulu tujuan hidup Fredi hanyalah untuk dirinya sendiri, berkarier di ISS Indonesia telah membangun tujuan hidup dari bapak dua anak ini telah menjadi lebih luas lagi, yaitu untuk kebahagiaan keluarga dan menjadi inspirasi untuk kemajuan rekan-rekan seprofesinya. Sebagai salah satu karyawan terbaik di perusahaan penyedia layanan/jasa untuk workplace experience dan manajemen fasilitas terdepan di Indonesia ini, Fredi pun bangga dan bersyukur atas hikmah berupa kepercayaan yang telah diberikan kepadanya, juga atas pelajaran tentang kejujuran, tanggung jawab, etika, dan hal-hal positif lainnya yang ia dapatkan selama ini.***


0 Komentar