Berkembang Bersama dalam Memberikan Pelayanan Prima Jumat, 06 November 2020

Berkembang Bersama dalam Memberikan Pelayanan Prima Image © ISS Indonesia.

Bekerja di perusahaan dengan kualitas standar pelayanan yang tinggi membuat seorang Hendro Tri Prasetyo cukup kehilangan banyak waktu dengan keluarga. Tapi semua itu bukanlah tanpa alasan, karena untuk dapat mencapai kualitas pelayanan yang prima memanglah butuh pengorbanan.

Namun pengorbanan waktu dan kerja keras yang ia berikan pun kini terjawab, karena telah membuahkannya jenjang karier dan masa depan yang lebih pasti. Saat ini, ia adalah chief supervisor security guard ISS Indonesia untuk area kantor regional Indosat di Jawa Tengah.

“Selalu berusaha memberikan yang terbaik. Walau mungkin saya bukan yang terbaik, tapi saya tidak menyerah dan terus berusaha karena saya tidak merasa puas dengan diri sendiri. Saya akan buktikan kalau saya bisa,” tegas Hendro tentang prinsip yang ia pegang.

Hendro sempat menjadi bagian dari tim pengelolaan parkir hingga mencapai level supervisor. Adalah niatnya untuk keluar dari zona nyaman serta harapannya untuk bisa lebih mengembangkan diri dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan, yang membawanya menerima tawaran untuk memulai debut-nya sebagai seorang security guard pada tahun 2009.

Sejak itu, pria kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, 36 tahun silam ini telah makan asam garam di berbagai area penugasan di wilayah Jabodetabek. Dari area mall, apartemen, perkantoran hingga pabrik manufaktur, dan kini melayani area new technology di Indosat – dengan peningkatan karier yang cukup melesat seiring kepercayaan akan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Hal itu jugalah yang membuatnya semakin banyak belajar, tanpa merasa terbebani. Sampai apresiasi dan rekognisi dari perusahaan manajemen tempat kerja/berkegiatan yang menaunginya diberikan kepadanya melalui penghargaan Bima Club dalam ‘The Best Employee’ di tahun ini.

“Tidak merasa mudah puas karena banyak yang saya bisa kembangkan di pekerjaan saya. Tidak ada kata ‘puas’ dalam memberikan pelayanan kepada klien serta pelatihan kepada tim di area,” ucap Hendro.

Loyalitas tinggi dan dedikasi Hendro yang sangat baik kepada perusahaan dan pelanggan, diakui dan didukung Key Account Manager Indosat, Gunawan. Menurutnya, “Hendro mempunyai semangat untuk maju dan berkembang, saat ini sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Hendro adalah salah satu yang bisa diandalkan dan sangat mandiri dalam bekerja. Ia berkolaborasi dengan rekan kerja dan tim support lainnya untuk menghasilkan output yang hebat, dan tentunya selalu total dalam melayani pelanggan.”

Sementara itu di mata pelanggan, kinerja dan pelayanan prima dari Hendro bersama tim di area juga dinilai baik sehingga layak mendapatkan apresiasi. AVP Head of Service Quality Management Indosat Ooredoo Jawa Tengah, Zainal Muttaqin mengatakan,  “Hendro memiliki hospitality yang baik dan selalu semangat dalam memberikan pelayanan serta terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan dan prestasi kepada customer. Ia juga berjiwa muda dan adaptif, responsible dan mampu menerjemahkan strategi dalam bentuk nyata dengan tindakan yang cepat.”

Saat pandemi COVID-19 menjadi permasalahan serius berskala global, Hendro dan timnya di area kantor Indosat Jawa Tengah berinisiatif melakukan rapid test secara mandiri di bulan Mei lalu. Padahal, waktu itu klien pun belum memberikan kebijakan untuk hal tersebut.

“Hal yang kami lakukan itu adalah bukti bahwa kami melakukan pelayanan prima kepada pelanggan karena cepat atau lambat pasti kami akan diminta melakukan rapid test, dan kami berinisiatif melakukannya lebih awal agar terciptanya keamanan dan kenyamanan di area pelayanan kami,” tutur Hendro.

Hendro tidaklah memperkaya ilmu untuk dirinya sendiri saja, melainkan juga untuk timnya. Ia ingin agar mereka bisa berkembang bersama-sama dalam memberikan pelayanan prima. Ia pun bangga dengan anggota timnya karena dapat bekerja secara multitasking dan tidak gengsi melakukan pekerjaan  di luar ranah utama security guard seperti membersihkan genangan air agar tidak membahayakan pelanggan dan pengunjung di areanya. Karena memang pekerjaan security guard tidaklah sebatas memberikan keamanan saja, tetapi juga keselamatan, kenyamanan, hingga kesejahteraan bagi orang banyak.

“Walau kita ini security tapi tidak sekadar menjaga kemanan saja. Tapi harus bisa lebih perhatian kepada area klien yang dijaga atau diberikan pelayanan, misalnya ada kebocoran air. Hal yang bisa dikerjakan, ya kerjakanlah, selama tidak menyalahi aturan dan mencelakakan diri sendiri dan orang lain,” ucap Hendro tentang hal yang juga ia tanamkan kepada jajaran anggotanya.

Dari harapannya saat memulai profesi sebagai security guard, yang diperoleh Hendro selama sebelas tahun melayani bahkan melebihi pengetahuan dan keterampilan. Hendro kini juga mengalami perkembangan karakter dengan sikap dan etika yang baik, disiplin dan konsistensi dalam memberikan pelayanan. Semua itu ia bisa miliki bersama ISS Indonesia.***


13 Komentar

Mantap komandan





Mantap komandan





Semoga tambah sukses baik dalam karier mau pun keluarga amin yra





Semoga tambah sukses dalam karir mau pun keluarga amin yra





Mantab Pak Hendro. Sukses terus Pak :)





Semoga sukses selalu komandan





Semoga sukses selalu komandan





Komandan yg luar biasa..Semoga bisa menjadi tauladan bagi semua anggotanya,termasuk saya.





MANTAP, dan sangat menginspirasi





Mantap komandan





Mantap Komandan, horass





Mantab komandan, sukses selalu





Terima kasih semuanya, ini semua berkat support dan effort dari rekan rekan semua. semoga rekan rekan bisa terinspirasi dan selalu semangat serta percaya bahwa "Yang Abadi adalah Perubahan "