Pelayanan Security yang Melebihi Ekspektasi Jumat, 13 November 2020

Pelayanan Security yang Melebihi Ekspektasi Image © ISS Indonesia.

Berusaha untuk terus dapat memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan dan bisnisnya pelanggan, serta mempertahankan kualitas dan kinerja tim saat memberikan pelayanan agar sesuai dengan ekspektasi klien, bahkan melebihi ekspektasi. Ini adalah suatu usaha yang selalu diupayakan oleh Rian Sugarai, Site Head Rumah Sakit Medistra, bersama-sama dengan timnya.

Pria yang akrab disapa dengan Rian ini memulai kariernya di ISS Indonesia sebagai anggota security guard pada tahun 2011. Rian berani memutuskan untuk beralih dari pekerjaan sebelumnya di sebuah tempat makan cepat saji, dan berharap profesi security guard bisa membawanya kepada kehidupan yang lebih baik.

Sampai pada akhirnya, konsistensi dan loyalitasnya dalam bekerja membawanya pada kepercayaan untuk menjabat sebagai site head atau service manager di tahun 2020 ini. Banyak tantangan tentunya ia hadapi dalam menjalani kepercayaan ini, yang Rian dapatkan setelah membangun dan mengembangkan dirinya selama sembilan tahun terakhir menyampaikan layanan keamanan dan menciptakan kenyamanan.

Security di ISS Indonesia memiliki masa depan yang baik jika kita memberikan pelayanan yang baik. Kita akan selalu diberi bekal pengetahuan dan selalu di-support oleh perusahaan. Ilmu-ilmu seperti itu yang tidak bisa saya bayar jika di cari di luar sana,” ujar Rian.

Beragam area penugasan sudah Rian jalani bersama perusahaan penyedia layanan manajemen fasilitas dan tempat kerja/berkegiatan tersebut. Dari area pusat perbelanjaan, pabrik manufaktur, hingga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.  Dari setiap tahapan kariernya, Rian terus belajar untuk mendapatkan ilmu baru.

Saat menjadi anggota, ia tentunya memliki tanggung jawab dengan lingkup terkecil. Namun ia berusaha memenuhi kepercayaan pengawas di area yang dijaganya, sebagai bukti bahwa ia adalah anggota yang bertanggung jawab kepada atasan dan klien.

Ketika pertama kali menjadi team leader atau junior supervisor pada tahun 2013, ia tidak sekedar bertanggung jawab atas pekerjaannya saja melainkan juga atas kinerja regu security guard yang ia awasi, sekaligus mempertanggung jawabkannya kepada kepala regu. Pada posisi ini, ia telah mendapatkan pembekalan kemampuan, pengetahuan serta diberikan pelatihan yang menunjang dirinya menjalankan kepercayaan perusahaan.

Masa-masa tersebut rupanya menjadi salah satu ujian awal terberat baginya, dimana ia harus meninggalkan istrinya yang kala itu sedang mengandung anak pertamanya hingga menjelang waktu kelahirannya. Rian sadar betul bahwa ketaatan sebagai bagian dari anggota security guard adalah dapat menjalankan perintah dengan patuh dan bertindak profesional.

Banyak hal baru yang dapat dipetik oleh pria kelahiran 32 tahun lalu ini, di antaranya mengenai cara untuk dapat mengatur dan memberi arahan kepada tim agar dapat mewujudkan ekspektasi klien. Tidak sekadar melakukan supervisi tugas dan menyelesaikan masalah anggota timnya saja, tapi ia dan timnya juga harus menjadi bagian dari klien agar dapat membantu mencapai tujuan mereka.

Pria berdarah Padang, Sumatera Barat ini punya prinsip yang selalu ia pegang teguh dalam memberikan pelayanan, Tidak ada yang abadi di dunia ini, hanya ada perubahan. Jika memiliki kemampuan, potensi untuk berubah, pasti bisa akan berubah ke hal yang lebih baik lagi, termasuk kepercayaan untuk dapat menjadi pemimpin,” tegas Rian.

Tahun 2020 menjadi pembuktian kepada dirinya yang dulu bahwa ia tidaklah salah beralih profesi menjadi anggota security guard di ISS Indonesia. Selain dipercaya untuk menjadi site head di area rumah sakit, kondisi luar biasa pandemi COVID-19 kian memberinya tantangan demi tantangan. Namun semangat optimisnya terus memacunyauntuk bisa terus bertahan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, meskipun gejolak kekhawatiran di dalam benaknya, terkadang selalu ada.

Kinerja Rian pun mendapatkan apresiasi dari Operation Head Healthcare ISS Indonesia, Dedi Mulyadi yang mengatakan, “Pak Rian itu seorang sosok pengawas yang banar-benar selalu ingin belajar, ulet, energik, berani mengambil risiko dan terus berusaha melakukan pengembangan kemampuan yang sudah ada,” tutur Dedi.

Prestasi atas pelayanan prima yang Rian berikan kepada klien di RS Medistra juga mendatangkan apresiasi dari Direktur RS Medistra, Dr. Dini Handayani, MARS, FISQua. Menurutnya, “Kinerja Pak Rian Sugaray sebagai Site Head ISS Indonesiaarea RS Medistra, dalam pengelolaan, penyelenggaraan, dan operasional sudah berjalan dengan baik dan dapat mempertanggung jawabkan tugasnya demi keamanan, ketertiban,  rasa aman, dan kebersihan di area RS Medistra,” imbuhnya.

Meski tengah membawahi beberapa bidang pelayanan, Rian mengajarkan kepada anggota timnya bahwa tidak ada hierarki khusus pada setiap bidang pelayanan. “Siapa pun yang menerima komplain dan masukan, wajib melapor ke atasannya. Dan di lapangan itu, siapa pun atau apa pun profesi yang menemukan masalah di awal harus wajib melakukan tindakan awal, tanpa melihat profesi yang dijalani. Sesederhana jika security melihat sampah lepas, harus bisa membersihkannya tanpa harus menunggu tim cleaning terlebih dahulu. Karena kembali lagi, ekspektasi dan pelayanan kepada klien adalah yang utama,” pesan Rian.***


1 Komentar

Terus semangat dan sukses Pak Rian