Menjaga Motivasi dalam Menggapai Mimpi Jumat, 20 November 2020

Menjaga Motivasi dalam Menggapai Mimpi Image © ISS Indonesia.

Anggapan tabu tentang profesi cleaning service memang seringkali kita temui. Tapi tidak demikian bagi Endi Kurniawan Sunanjar. Pria berusia 25 tahun ini justru tak pernah menyesal dengan pilihannya untuk mulai bekerja sebagai operator cleaning service, di tahun 2014 lalu.

Ia pun semakin terpacu dengan bukti nyata yang dilihatnya, bahwa cleaning service juga bisa berkarier dan punya masa depan yang pasti. Dari sejumlah Great leaders yang bekerja di bawah naungan perusahaan penyedia manajemen fasilitas tempatnya bekerja, tak sedikit dari mereka yang mengawali kariernya dengan menjadi petugas cleaning service.

Endi, nama panggilannya, mengakui bahwa profesinya bahkan telah mengajarkan ia banyak hal, baik itu dalam bekerja maupun dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak sekadar memperoleh ilmu dan keterampilan dalam hal pembersihan, tetapi juga mengenai bagaimana bersikap dan berperilaku yang baik.

“Saat sekolah dulu, saya sangat tidak disiplin soal waktu, sering kesiangan dan terlambat masuk sekolah. Sejak bekerja di ISS Indonesia, saya dididik menjadi pribadi yang disiplin soal waktu dan selalu on time menjalankan pekerjaan,” ucap Endi.

Ya, Endi bekerja di ISS Indonesia juga karena keyakinannya bahwa di sini ia bisa menggapai mimpinya untuk punya jenjang karier, meskipun ia harus mengawalinya dari level operator.

 Karena ini perusahaan besar dan juga menjanjikan karier kepada setiap karyawannya yang berprestasi. Saya yakin untuk punya karier ke depannya. Saya juga jadi mengenal istilah from zero to hero, yang membuat saya lebih semangat menggapai mimpi saya,” tutur ceria Endi.

Semangat itu pun kerap ia buktikan dengan menjalankan pekerjaan melebihi apa yang diharapkan oleh pengawas maupun pelanggan di area bekerjanya.

 Misalnya saya ditugaskan membersihkan satu area, tapi saya sebisa mungkin membersihkan hingga dua area. Itu yang membuat supervisor saya merekomendasikan saya untuk dapat menjadi junior supervisor, di tahun kedua saya menjadi operator cleaning service,” ujar Endi.

Bagi Supervisor Setiabudi One Jakarta, Sahril, pengawas yang pernah bekerja sama dengannya saat penugasan di area tersebut, Endi memiliki semangat tinggi dan mampu menjalankan tugas dengan baik. “Yang paling besar adalah kemauan dan kerja keras Endi yang ditunjukkan sehingga Endi bisa seperti sekarang ini,” jelas Sahril.

Sementara itu di area penugasan Endi saat ini di Apartment Verde Residence, Site Head Apartment Verde Residence, M. Rislan Taufiq mengakui kalau Endi sudah memiliki kemampuan yang baik dalam banyak hal. Rislan mengatakan, “Komunikasinya bagus, soal administrasi juga bisa. Di lapangan agar terus diasah, dan terus konsisten.”

Dalam perjalanan kariernya selama enam tahun kini, Endi telah mampu menaiki tapak demi tapak jenjang karier yang ia impikan. Dari operator cleaning service, Endi mampu memanfaatkan peluang karier untuknya dengan menunjukkan kinerja dan konsistensi yang baik, hingga sekarang menjadi Junior Supervisor Apartment Verde Residence.

Bukan tanpa sebab Endi memiliki motivasi dan cita-cita untuk kariernya ke depan. Adalah kebahagiaan kedua orang tua dan adik-adiknya yang menjadi tujuan dari mimpi yang ingin digapainya. Endi pun berharap, semua hal dan orang-orang yang memotivasinya akan dapat ia jaga dengan konsistensi demi menapaki jenjang karier yang lebih tinggi lagi.***


1 Komentar

Good job pak endy





Artikel Terkait