Kekompakan Tim Pelayanan di Kapal Laut Jumat, 26 Februari 2021

Kekompakan Tim Pelayanan di Kapal Laut Image © ISS Indonesia.

Bekerja di area kapal penyeberangan tentunya memiliki tantangannya tersendiri. Tidak hanya kapal yang tengah berlabuh di pelabuhan, tapi juga pada kapal yang sedang berlayar mengarungi lautan. Tapi pernahkah membayangkan pekerjaan cleaning services dan security services yang memelihara kebersihan dan keamanan di area semacam ini?

Itulah yang dilakukan oleh lebih dari 150 Great performers ISS Indonesia yang tergabung dalam tim KSO IFPRO ASDP di Pelabuhan Merak, Banten. Mereka melakukan pekerjaan pembersihan dan memelihara keamanan di sembilan kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry yang melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dan sebaliknya, setiap hari.

Tentunya bukanlah hal mudah untuk mengatasi tantangan penyampaian layanan kebersihan dan keamanan pada sarana transportasi laut untuk publik, apalagi dengan tingkat traffic penyeberangan yang tinggi pada setiap rute perjalanannya. Dari tantangan cuaca saat kapal tengah berlayar di musim penghujan dengan ombak yang tinggi, atau saat harus menghadapi berbagai macam perilaku penumpang, sampai tantangan untuk mengubah karakter di dalam anggota tim itu sendiri sehingga sikap dan kinerja pelayanan terbaik dapat tersampaikan.

Seperti halnya diakui oleh Junior Supervisor KSO IFPRO ASDP Pelabuhan dan Kapal Merak, Fajar Riyanto. Menurutnya, membangun kekompakan dan kerja sama tim yang setiap individunya memiliki karakter yang berbeda-beda merupakan faktor yang sangat penting guna tetap dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang dan mendukung kelancaran operasional pelanggan.

"Kerja di atas kapal laut sangat-sangat luar biasa, terutama saat membina tim operator absorb dari perusahaan yang sebelumnya, agar bisa menjadi manpower dengan kualitas ISS. Kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan standar operasional pekerjaan (SOP), secara perlahan dibina dan diawasi, serta terus diberikan dukungan hingga tim ini perlahan membuang kebiasaan lama mereka untuk berubah dengan kualitas sebagai karyawan ISS," jelasnya.

Perlahan tapi pasti, kekompakan dalam kerja sama tim pun kemudian bisa terbangun dengan baik. "Terus merangkul tim ini dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang cukup intens, terus menyupport tim ini, secara perlahan dapat menjadikan tim ISS Indonesia di ASDP semakin solid dan semakin memberikan pelayanan terbaik kepada klien," tambah Fajar.

Tim cleaning services ISS Indonesia area KSO IFPRO ASDP Pelabuhan dan Kapal Merak menyampaikan layanan kebersihan yang antara lain meliputi pembersihan keseluruhan area di dalam kapal, mulai dari deck di bagian bawah kapal, deck parkir kendaraan kecil sampai dengan kendaraan besar, serta deck untuk penumpang.

Sementara itu, tim Security Services ISS Indonesia menyampaikan pelayanan yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang dan anak buah kapal (ABK) yang beraktivitas di dalam kapal juga disampaikan. Tak jarang, extra mile pun mereka lakukan, seperti turut membantu pekerjaan anak buah kapal (ABK) tanpa mengurangi kualitas pekerjaan setiap pelayanan.

Selain pelayanan di kapal yang sedang berlayar, pelayanan juga disampaikan di dalam kapal yang sedang berlabuh, serta kapal yang berhenti di tengah laut atau yang biasa disebut dengan kapal anchor. Kapal yang berlabuh di tengah laut ini biasanya merupakan kapal yang secara bergantian diistirahatkan sebelum kembali berlayar, atau yang sedang menjalani proses perbaikan.

Dedikasi dan konsistensi pelayanan prima di area PT ASDP Indonesia Ferry ini besar dipengaruhi oleh kekompakan kerja sama tim yang menjadi faktor penting atas kualitas pelayanan. Hal ini pun diharapkan dapat selalu menjadi kebiasaan bersama yang terus dikembangkan.

Pada Juli 2020, untuk mempersiapkan kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, ISS Indonesia turut membantu tim Manajemen ASDP untuk mempersiapkan acara, mulai dari persiapan di area pelabuhan, terminal eksekutif, hingga di atas kapal. Persiapan yang dilakukan selama tujuh hari tersebut tentunya tidak main-main, mengingat pada masa pandemi ini, kebersihan dan protokol kesehatan sangatlah diutamakan.

Dalam pandangan klien, Manager Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, Yefri Hendri menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja pelayanan tim KSO IFPRO ASDP Pelabuhan dan Kapal Merak. Ia mengatakan, "Memang luar biasa tim ISS Indonesia ini, loyalitas yang amat tinggi, respon yang sangat cepat apabila diminta support, dan semangatnya yang tak kenal lelah, mempersiapkan kebersihan kapal dari nol sampai acara selesai tanpa masalah, luar biasa," tutur puas Yefri.

ISS Indonesia meyakini bahwa People make places and places make people. Dalam menciptakan standar pelayanan kebersihan dan keamanan berkualitas tinggi, dukungan ISS Indonesia diberikan untuk membantu produktivitas pelanggan, serta turut mendukung pencapaian bisnis yang optimal bagi pelanggannya.***


2 Komentar

Mantap





Mantap





Artikel Terkait