Sinergi dalam Memastikan Pelayanan Terbaik Jumat, 02 April 2021

Sinergi dalam Memastikan Pelayanan Terbaik Image © ISS Indonesia.

Sebagai garda terdepan, karyawan ISS Indonesia turut berupaya dalam menciptakan lingkungan yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kliennya, terutama di tengah era COVID-19. Seperti halnya yang dilakukan 49 manpower dari tim security services dan cleaning services ISS Indonesia yang bertugas di area Gojek Kemang Timur.

Apa saja dan bagaimana mereka membantu menjaga keamanan sekaligus mengawal kedisiplinan penerapan protokol kesehatan agar operasional di area ini dapat berjalan lancar?

Lebih dari Sekadar Menjaga Keamanan

Beraktivitas selama masa pandemi tak lepas dari penerapan protokol kesehatan yang harus selalu dijaga. Demikian halnya di salah satu kantor cabang Gojek Indonesia yang berlokasi di Kemang Timur, Jakarta Selatan, di mana perusahaan teknologi penyedia sarana transportasi ini telah menetapkan kebijakannya tersendiri pada area operasionalnya.

Di sini, tim security services ISS Indonesia tidak hanya menjaga areanya agar aman, tertib, dan terkendali, namun juga turut memastikan seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Gojek Indonesia, selalu diterapkan oleh setiap karyawan dan pengunjung guna mencegah penyebaran COVID-19.

Setiap harinya, tim security services ISS Indonesia senantiasa melakukan screening kepada siapa pun yang akan memasuki ke area Gojek Kemang Timur. Proses tersebut dimulai dari gerbang depan dengan melakukan pemeriksaan notifikasi janji temu bagi driver Gojek. Apabila tidak ada janji temu, maka driver tersebut tidak diizinkan untuk masuk.

Selain itu, dukungan dari tim security services ISS Indonesia juga dilakukan dengan membantu memberikan arahan kepada driver Gojek tentang bagaimana caranya membuat janji temu dan mengatur alur pertemuannya, sehingga akan menghindari penumpukan driver. Pencatatan nomor kendaraan beserta jumlah kendaraan yang masuk ke dalam area Gojek Kemang Timur juga dilakukan agar setiap kunjungan di area ini terdata dengan baik.

Tidak terbatas pada pengunjung dan mitra saja, screening juga dilakukan pada semua karyawan Gojek, atau yang familiar disebut Go-Troops, yang akan memasuki area kerjanya. Melalui screening, kondisi dan suhu badan baik saat masuk dan pulang kerja juga terdata dengan baik sehingga dapat mempermudah proses tracing, bilamana ada yang terpapar COVID-19.

Tentunya, tim ISS Indonesia juga memastikan keamanan di tengah pandemi bagi siapa pun yang beraktivitas di area ini. Mereka selalu mengingatkan tentang penggunaan masker, pengecekan suhu, juga agar menggunakan hand sanitizer di lobby.

Membangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik tentunya akan mendukung kelancaran operasional dan penyampaian layanan di area. Selain memastikan protokol kesehatan agar berjalan mengikuti peraturan yang berlaku, tim security ISS Indonesia membangun komunikasi dengan turut memandu para mitra Gojek berdasarkan pada keperluan dan kendala yang dialami, serta melakukan pemeriksaan pada berkas yang dibutuhkan. Semua itu bertujuan agar kunjungan di titik posko aman dapat berlangsung secara aman, ataupun bila terjadi suatu kendala tidak sampai menimbulkan kerumunan di satu titik.

Disinilah kemampuan untuk memecahkan masalah, baik dalam pemahaman mengenai bisnis klien dan soft-skills dari tim security ISS Indonesia juga dibutuhkan. Walau bekerja di bawah cuaca yang tidak menentu, bertemu dengan berbagai macam karakter orang dan kendala yang dihadapi, namun hal ini bukanlah alasan bagi mereka untuk mengeluh dan mengurangi performanya.

“Sudah terbiasa walau cuaca tidak menentu, kita bertugas memberikan pelayanan jangan sampai komunikasi kita tidak bagus,” ungkap Supervisor Security Guard Gojek Kemang Timur, Supangat.

Supangat menambahkan bahwa dalam menjalankan tugasnya, tim security juga harus memahami berbagai informasi dan dapat berkomunikasi dengan baik, tidak sekadar menjaga keamanan lingkungan saja.

“Selalu menjalankan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) serta memberitahu bagaimana cara penanganan masalah saat setiap briefing. Jangan sampai kita membuat klien tersinggung,” tambahnya.

Memastikan Area Selalu Bersih dan Higienis

Sementara itu, tim cleaning services ISS Indonesia turut berperan dalam memastikan area Gojek Kemang Timur ini tidak hanya bersih, tapi juga higenis. Setiap harinya, mereka memastikan posko aman selalu dibersihkan, baik sebelum posko ini dibuka hingga posko ditutup.

Menurut Junior Supervisor Gojek Kemang Timur, Surtinah, pandemi COVID-19 yang tidak dapat dihindari ini telah mengharuskan kita semua wajib menanamkan pentingnya kebersihan hingga mengubah mindset atau pola pikir untuk tetap sehat dengan mengikuti semua protokol kesehatan COVID-19.

Dalam hal ini, Surtinah bersama timnya memastikan deep cleaning atau pembersihan mendalam dilakukan dengan baik. Surtinah sendiri harus memastikan agar seluruh anggota tim saling menerapkan gerakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Mereka pun tak segan untuk saling mengingatkan dan hal ini sangatlah penting bagi Surtinah dan tim.

“Tentu saja ini dilakukan secara bersama-sama dan konsisten sehingga orang-orang akan terbiasa dengan sistem kebersihan dan peraturan yang baru selama pandemi,” ujarnya.

Operation Head Gojek Jabodetabek, Kristianto, turut menyampaikan, “Bekerja di area yang dinamis juga membutuhkan tim yang dapat bergerak cepat. Dalam memberikan layanan dan support di area yang dinamis, seluruh tim harus fleksibel dan cepat tanggap tanpa disuruh,” jelasnya.

Kemudian Operation Head Gojek Regional, Eko Purwanto, mengemukakan apresiasinya atas kinerja timnya. “Apa yang dilakukan oleh tim sudah sangat luar biasa. Membantu menekan jumlah penyebaran COVID-19 di area. Protokol kesehatan harus dimulai dari diri kita sendiri agar karyawan, mitra, maupun pengunjung akan sungkan jika tidak mematuhi protokol kesehatan di lingkungan kerja Gojek Kemang Timur,” ucap Eko.

Bagi klien, kinerja dan kerja sama dari tim ISS Indonesia di area Gojek Kemang Timur begitu membantu kelancaran operasional di tempat kerjanya. Sebagaimana diakui oleh Supervisor Operation Gojek, Heri Hermawan. “Terima kasih kepada tim ISS Indonesia yang telah support dan membantu segala jenis acara dan event yang ada di Gojek sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan juga memastikan aktivitas yang ada sesuai dengan protokol kesehatan,” tutur Heri.

ISS selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi semua klien dan pelanggannya. Tidak sebatas pada menciptakan tempat yang bersih dan aman, namun juga memberikan pengalaman terbaik bagi setiap orang yang beraktivitas di fasilitas tersebut, sehingga membuat lingkungan yang nyaman dan produktif bagi klien ISS.

***


0 Komentar
Artikel Terkait