Semangat Pelayanan di Ujung Timur Indonesia Jumat, 30 April 2021

Semangat Pelayanan di Ujung Timur Indonesia Image © ISS Indonesia.

Luasnya cakupan wilayah pelayanan ISS Indonesia hingga ke pelosok nusantara menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam penyampaian layanan jasa dan manajemen fasilitas terbaik di tanah air. Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau cakupannya itu juga sampai ke ujung timur Indonesia.

Di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, ISS Indonesia memberikan pelayanan di area Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Holtekamp. Kerja sama yang terjalin melalui Kerja Sama Operasional (KSO) Cogindo - ISS ini telah dimulai sejak Januari 2020 lalu, di mana ISS Indonesia berupaya mendukung operasional unit industrial pembangkit listrik, yang terus beroperasi memastikan terpenuhinya pasokan listrik untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Sejumlah pelayanan yang diberikan yaitu meliputi layanan teknisi, admin, tea lady atau office boy, driver, serta perbantuan di area gudang utama dan bagian K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).


Menurut Site Head PLTU Hotlekamp, Melda Parwak, berbagai pelayanan tersebut berada dalam suatu integrasi lintas fungsi penyampaian layanan. Melda mengatakan,  “Berbagai pelayanan yang ada di sini dapat saling membantu, memudahkan koordinasi, serta saling bekerja sama sehingga dapat menghasilkan efisiensi dan efektivitas bagi pelanggan,” jelasnya.

Sebanyak 41 Great performers KSO Cogindo - ISS di area ini adalah penduduk lokal yang diberdayakan dari perusahaan sebelumnya. Mereka diberikan bekal pelatihan untuk dapat mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan juga pengembangan sikap ataupun karakter yang diharapkan dapat sesuai dengan sikap pelayanan, nilai, dan budaya bekerja di ISS Indonesia.

Tantangan dalam pengembangan modal insani atau human capital ini tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan begitu saja, dan akan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya. Melda menjelaskan, “Kami lakukan pelatihan rutin untuk para manpower KSO Cogindo - ISS di area ini minimal tiga kali dalam seminggu, untuk memberikan pengenalan lebih mendalam tentang standar pekerjaan yang harus mereka lakukan dan hal-hal lain termasuk kedisiplinan,” tuturnya.

Selain itu, kondisi geografis area PLTU Hotlekamp yang berada di antara pegunungan dan pantai ini juga seringkali mengalami perubahan cuaca yang tidak menentu. Hal ini menjadi salah satu kendala sekaligus tantangan tersendiri bagi tim, yang kerap memengaruhi proses pekerjaan di area yang sebagian besarnya berada di area outdoor. “Cuaca di sini susah ditebak. Kadang hujan, lalu tiba-tiba panas. Jadi kami dalam melakukan pekerjaan harus berlomba-lomba dengan cuaca dan kondisi area juga,” jelas Melda.

Belum lagi keterbatasan air bersih yang juga menjadi tantangan lainnya. Tim harus dapat memanfaatkan pasokan air bersih yang ada untuk kegiatan pembersihan. “Area PLTU Holtekamp ini dekat pantai, jadi lebih banyak air asin atau air laut. Hal ini tentu berpengaruh pada perawatan infrastruktur di sini, di mana air laut dapat menyebabkan rusaknya mesin ataupun karat pada area dengan material besi,” tambah Melda.

Meski begitu, di balik tantangan yang dihadapi, tim KSO Cogindo - ISS juga berupaya melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah inovasi berupa penghijauan yang dilakukan di beberapa titik area. Tak hanya melakukan pemeliharaan taman untuk kenyamanan orang-orang yang beraktivitas di sekitar area, tetapi juga penanaman bibit tanaman ketapang di pinggir pantai yang masih berada dalam cakupan area PLTU Holtekamp. Hal itu pun sejalan dengan program penghijauan yang juga dilakukan oleh klien.


Selama satu tahun memberikan pelayanan di area PLTU Holtekamp, kehadiran tim KSO Cogindo - ISS diakui cukup membawa perubahan positif di area ini. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan sebagai site terbersih di luar pulau Jawa versi audit internal PT Indonesia Power pada bulan Desember lalu. Pencapaian tersebut diperoleh berkat kerja sama tim, di mana ISS dapat membantu koordinasi dan kerja sama untuk berkolaborasi dengan berbagai vendor yang ada di area ini sehingga dapat menciptakan dan memelihara kebersihan area PLTU Holtekamp.

Menurut Senior Supervisor Administrasi PLTU Holtekamp, Irfan Muzi, mengatakan, “Kehadiran ISS cukup membantu kami dalam hal kebersihan, dari segi kualitas hasil kerja jelas ada peningkatan dan sangat membantu. Harapan kami di sini berdasarkan scope kerja ISS mengenai kebersihan, yang pertama dari segi kualitas pekerjaan sudah bagus, namun harus lebih ditingkatkan lagi dengan melakukan improvement,” tutur Irfan.


ISS selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi semua pelanggannya. Peningkatan standar kebersihan di area PLTU Holtekamp, diharapkan dapat menghasilkan lingkungan yang nyaman dan produktif, yang dapat mendukung kegiatan bisnis klien.***




0 Komentar