Layanan Terintegrasi Di Area Kementerian Jumat, 16 Juli 2021

Layanan Terintegrasi Di Area Kementerian Image © ISS Indonesia.

Layanan terintegrasi diberikan ISS Indonesia di Kementerian Perhubungan dimulai pada tahun 2019. Hingga saat ini, terdapat empat area Kementerian Perhubungan yang ditangani oleh para placemakers ISS Indonesia. Placemakers adalah sebutan untuk para frontliner ISS, bagaimana mereka dapat membuat tempat menjadi aman dan nyaman. 

Tak hanya di area Kantor Pusat Kementerian Perhubungan yang ada di Jakarta, ISS Indonesia juga dipercaya pada tiga area lainnya, seperti Museum Transportasi yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Graha Transportasi yang berada di Bogor, dan juga Gedung Pusat Arsip yang berada di Bandung.

Dengan total 277 placemakers ISS Indonesia yang ditempatkan di seluruh area, layanan terintegrasi lebih dari empat services diberikan tim ISS Indonesia pada masing-masing area tersebut. Layanan yang diberikan ISS Indonesia di area Kemenhub meliputi cleaning services, office boy, pest control, gardening, receptionist, dan juga technician

“Setiap tahun selalu mengalami penambahan manpower. Dari mulai awalnya 193 hingga saat ini ada 277 manpower yang memberikan pelayanan di seluruh area Kemenhub,” tutur Andrih, Site Head area Kementerian Perhubungan.

Salah satu area yang berbeda ditangani oleh tim ISS Indonesia area Kemenhub adalah area museum, tepatnya di Museum Transportasi. Para placemakers yang bertugas di area tersebut membantu dalam hal kebersihan area, termasuk menjaga kebersihan benda-benda koleksi yang ada. Sementara itu, tim teknisi juga ikut merawat fasilitas museum.

“Ketika ISS masuk di area museum ini, kita standarkan dari segi kebersihannya. Dan hal ini terbukti ketika museum ini mendapat penghargaan sebagai museum terbersih di lingkungan TMII,” tambahnya.  


Area museum bagian luar yang cukup luas, juga dikelola oleh tim gardening yang tak hanya menjaga kebersihan dan keindahan, tapi juga melakukan berbagai inovasi yang dapat bermanfaat bagi lingkungan. “Lahan yang luas dan sampah daun yang banyak menggerakan kita untuk mengatasi ini dengan inovasi pembuatan pupuk dan juga biopori. Setelah kita lakukan ini, tanahnya tidak pernah longsor lagi, resapan air juga cukup banyak sehingga ketika musim kemarau kita nggak lagi kekeringan,” jelas Andrih. Pembuatan biopori tersebut juga menjadi salah satu biopori terbanyak di area kompleks TMII.

“Inovasi yang dilakukan tim gardening di area TMII ini menjadi percontohan bagi area Kemenhub lain sehingga saat ini pembuatan kompos dan biopori juga sudah dilakukan di seluruh area Kemenhub, baik di kantor pusat, area Bogor dan juga Bandung,” tambah Andrih. Hal ini juga diapresiasi oleh pihak klien karena ISS Indonesia dapat berkontribusi untuk mengurangi sampah dan mengubahnya menjadi hal yang lebih bermanfaat.


Area-area Kemenhub ini juga merupakan salah satu area pelayanan publik, yang mana tak hanya para staf yang bekerja di sana, namun juga terdapat masyarakat yang datang sehingga mobilitas di area cukup tinggi. Keberadaan ISS Indonesia Indonesia di berbagai area tersebut juga diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang datang, terlebih saat ini berada di tengah masa pandemi.  

“Perbedaan pelayanan di masa pandemi ini lebih ke cara kerja tim di sini. Seperti penggunaan APD yang lebih protect, lebih sering menggunakan disinfektan terutama di area-area publik, dan proses pekerjaannya juga lebih sering, frekuensi pekerjaan dan pengecekan harus lebih intens,” ujar Andrih.


Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Biro Umum Kementerian Perhubungan, Agung Raharjo, “Kinerja ISS dalam mewujudkan lingkungan yang bersih sudah bagus, namun demikian perlu ditingkatkan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat sebagai upaya berperan serta dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus COVID-19,"  ujarnya.

Sebagai facility services, yang mana tak hanya menangani single service, tentu terdapat tantangan tersendiri. Para placemakers yang bekerja dari masing-masing service harus dapat saling bekerja sama untuk dapat menyampaikan pelayanan terintegrasi yang dapat membantu tempat para pelanggan.

“Salah satu yang dilakukan di sini, pemanfaatan team board untuk komunikasi setiap hari kepada seluruh tim dari berbagai layanan yang ada. Team board ini kita gunakan untuk evaluasi pekerjaan tim agar masing-masing tau progress yang sedang dilakukan, semua tim mengetahui fokus kerja dan hal-hal yang dilakukan masing-masing layanan,” jelas Andrih.

ISS Indonesia yang hadir di area Kemenhub diharapkan dapat menjadi partner yang secara profesional dapat mengelola seluruh area Kemenhub. Hal ini pun terbukti dengan dijadikannya area Kemenhub sebagai parameter facility services di area Kementerian. 



Penulis     : Yara Aprilia

Editor        : Syarief KH


1 Komentar

Mantaaap