Srikandi dari Bangka Belitung Jumat, 29 Oktober 2021

Srikandi dari Bangka Belitung Image © ISS Indonesia.

Mimpi menjadi kenyataan. Inilah yang dirasakan oleh Retti Sandra yang telah bergabung bersama ISS Indonesia selama 17 tahun. Ya, banyak hal yang selama ini menjadi mimpinya yang tak disangka bisa terwujud seiring perjalanan karirnya di ISS Indonesia.

Wanita asal Muntok, sebuah kota kecil di Kepulauan Bangka Belitung ini, tak menyangka keputusannya untuk memulai karirnya sebagai Junior Supervisor di ISS kala itu, mengubah jalan hidupnya dari pekerjaan seorang admin biasa yang duduk di balik meja, hingga posisinya saat ini menjadi salah satu Operation Head di ISS Indonesia.

“Saat itu saya merasa jenuh bekerja sebagai seorang admin. Saya merasa jiwa saya tidak di pekerjaan ini. Saya tidak bisa mengeksplorasi diri saya juga,” kenang Retti yang kala itu merupakan lulusan S1 Management salah satu universitas swasta di Bandung.

Dukungan dari keluarga, terutama Bapak, menjadi salah satu penguat Retti dalam setiap keputusan yang ia ambil. Walaupun saat itu jarak yang memisahkan, di mana keluarga Retti berada di Bangka Belitung, sementara dirinya harus menetap di kota Bandung. Kemandirian dan sikap kerja keras yang ditanamkan sejak kecil menjadi salah satu yang memotivasi dirinya. “Bapak saya menjadi salah satu panutan saya karena dia pun juga bekerja dari nol hingga akhirnya mampu dipercaya mempunyai jabatan di tempatnya bekerja. Ini juga yang buat saya termotivasi dalam berkarir,” ceritanya.

Suatu hari, Retti yang saat itu pulang bekerja melihat salah satu kantor cabang ISS Indonesia di Bandung. Ia pun tertarik untuk melamar tanpa tahu pekerjaan apa yang nantinya akan ia lakukan di perusahaan tersebut. “Ternyata saat itu ada kebutuhan menjadi Junior Supervisor atau pengawas wanita. Tapi sebenarnya saya tidak tahu pekerjaan tersebut seperti apa, sampai saya diberi tahu bahwa akan menjadi leader di pekerjaan cleaning service,” ujarnya.

Tekad dan niat yang kuat Retti mantapkan sebelum menerima pekerjaan tersebut, meskipun saat itu ia merupakan lulusan S1, ia tidak berkecil hati akan pekerjaannya walau harus menjadi cleaning service terlebih dahulu. “Saya bertekad dan niat dalam diri bahwa saya bisa dan sepertinya pekerjaan ini yang saya cari, pekerjaan dari bawah dan jenjang kariernya pun ada di ISS ini,” ujarnya. Retti mengaku salah satu yang memotivasinya kala itu adalah majalah internal ISS Indonesia yang diberikan kepadanya. Di majalah tersebut banyak kisah inspirasi dari para karyawan yang berhasil melewati jenjang karier di ISS Indonesia. “Saya baca dan lihat cerita orang-orang hebat di majalah itu dan saya punya mimpi saya harus bisa sukses seperti mereka. Mereka bisa kenapa saya tidak?”, ujar Ibu dari dua orang anak ini.

Perjalanan kariernya pun dimulai di tahun 2004 sebagai seorang Junior Supervisor di salah satu mall di Bandung. Namun, hanya 8 bulan bekerja sebagai pengawas, Retti mampu menunjukkan dirinya dapat belajar dengan cepat dan memberikan kinerja yang sangat baik, yang membuatnya mendapatkan penghargaan The Best Employee dengan waktu yang cukup singkat. Inilah yang membuat atasannya saat itu yakin dan memutuskan untuk mempromosikannya sebagai Supervisor.

“Saya tidak mau mengecewakan atasan saya pada saat itu. Saya punya tanggung jawab yang diberikan, lalu bagaimana saya bisa mengemban tanggung jawab itu sebaik mungkin,” ujar Retti. Perjalanannya tak semulus yang dibayangkan lho. Banyak juga tantangan yang Retti hadapi, kerja keras yang terus ia lakukan bahkan harus membuatnya berpindah-pindah tempat kos untuk mengikuti penempatan area yang diberikan. Semua ini ia lakukan demi dapat memberikan yang terbaik.

Di tahun 2007, dengan umur yang masih muda, Retti diangkat menjadi Service Manager. Di sinilah kepercayaan terhadap kemampuan dirinya semakin meningkat. “Setelah 1,5 tahun semenjak diangkat menjadi Supervisor, saya dipromosikan lagi jadi Service Manager. Di situ saya merasa ini karir saya sebagai perempuan. Bahkan saya diberi tanggung jawab menjadi seorang manager saya merasa tidak percaya. Tapi ambisi saya semakin tinggi, karena saya merasa saya diberi kepercayaan yang tinggi juga, ucapnya.

ISS sebagai school of life menurutnya benar-benar ia rasakan dalam perjalanan karirnya. Dari mulai kedisiplinan hingga pengetahuan, banyak pembelajaran yang bisa diambil oleh Retti selama hampir 17 tahun bekerja. “Selain kedisiplinan, saya bisa lebih mengontrol diri saya untuk cara saya berbicara dengan tim di lapangan, berbicara dengan klien, juga rekan kerja. Pengetahuan menjadi lebih luas dan lebih banyak, contohnya saat saya harus bertemu klien atau customer, saya harus mengetahui fokus dari bisnis mereka, sehingga saya juga bisa menempatkan diri saya setara dengan mereka,” jelasnya.

Hal ini terbukti salah satunya dari apa yang disampaikan Kepala Bagian Umum Universitas Widya Mandala Surabaya, Fransiska Yulia W. mengenai sosok Retti,Bu Retti merupakan pimpinan yang tegas dalam mengarahkan bawahannya dan selalu komunikatif terhadap klien,” jelasnya.

Saat ini, Retti yang menjabat sebagai Operation Head, memimpin kurang lebih 1.500 placemaker yang berada di area Jawa Timur, Balinusra, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan. Sosoknya sebagai leader yang tegas menjadi sosok panutan yang menjadi garda terdepan untuk mendukung timnya, dan ia pun tidak segan memberikan apresiasi dan pencapaian tim sekecil apa pun. 

Hal ini juga yang disampaikan oleh salah satu tim Retti di area Makassar yang menjabat sebagai Area Head, Sucitra Syarif, Sosok Bu Retti adalah mentor yang bertanggung jawab, disiplin dan selalu memberikan kami motivasi dan kesempatan untuk terus berkembang. Beliau memang agak keras dan tegas dalam kesehariannya, namun akan menjadi pendengar yang baik pada saat kami butuh saran dan masukan. Kami merasa termotivasi untuk lebih memberikan yang terbaik bagi tim kami,” jelasnya.

Suka dan duka perjalanan karier dijalani Retti. Tak segan ia pun juga sharing kepada atasannya setiap menemukan kendala dan solusi yang dibutuhkan untuk mengatasinya, “Setiap kali ada kendala atau saya merasa tidak ada solusi, saya bertanya sama atasan. Semua atasan di ISS itu tidak ada yang membiarkan timnya untuk berpikir sendiri, semua bisa saling support. Tapi bukan berarti kita melempar masalah tersebut ke mereka, tetap kita yang harus menyelesaikannya,” jelas Retti.

Department Head Cleaning Services, Robi Cahyadi menambahkan “Retti adalah salah satu sosok Srikandi ISS Indonesia yang mampu mewujudkan praksis emansipatoris demi membawa perubahan pada kehidupan perempuan. Salah satu pemimpin perempuan yang mampu memberi inspirasi dan motivasi bagi bawahannya untuk selalu kreatif dan inovatif. Selain itu, ia mampu memahami dan menghargai bawahan berdasarkan kebutuhan serta memperhatikan keinginan berprestasi dan berkembang para bawahan,” ungkap Robi.


Penulis        : Yara Aprilia

Editor        : Syarief KH


 


35 Komentar

Sehat selalu, semangat n jujur dalam bekerja #orangbangkabarathebat





Sehat dan selalu semangat bu Retti sandra,salam dari area IRS malang jawa timur





Trima Kasih atas Motivasi dan Inspirasinya Bu.





Semangat dan sehat selalu bu





Terima kasih atas suport yang telah Bu Retti berikan selama kami bekerja di perusahaan ini. Kami tidak akan melupakan bimbingan Bu Retti . Salam Sehat Selalu dari kami Area Sandang Ayu Pasuruan ??





sukses selalu buat Bu Retti, kami dari team # WM Dinoyo Surabaya mendukung Ibu





Sehat selalu Bu Retti tetap semangatt sukses selalu banyak rezekinya aamiin.





Sehat selalu Bu Retti, Terimakasih atas Motivasi dan insipirasi nya Bu.





Terima kasih atas bimbingannya, dan semoga sehat selalu , bu





Sehat selalu bu Retty dan terimakasih atas motivasi dan perhatiannya... #unico kayama





Salam sehat Bu Retti tetap semangat kami selalu mendukungmu. Salam area IRS malang





Semangat terus Ibu Retti, semoga selalu jadi panutan kami utk bisa mencontoh kesuksesan ibu.





Semangat selalu Ibuku, semoga jadi inspirasi buat semua team. Terimakasih





Terima kasih atas bantuan yang telah Bu Retti berikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya tidak akan pernah melupakan bimbingan Bu Retti. semoga sukses dan sehat selalu buat Bu Retti Salam dari SANDANG AYU PASURUAN Tercinta





Trimakasih atas bimbingan selama ini Bu Retti,sangat menginspirasi kisah dan perjalan hidupnya ,area tbg surabaya





Salam sehat selalu bu Retti terima kasih Supportnya selama ini# Unika WM Pakuwon City Surabaya





Sehat selalu Bu Retti dan succes selalu





sukses selalu Bu Retti..semangat..





Ibu Retti is the best





Congratulations on your success. You worked hard for it, and now the result is here. My best wishes are always with you.





Sukses selalu Ibu Retti.





Ibu Retti is the best





Terus semangat dan berkarya menjadi panutan





Semangat bu retti. Salam dari seluruh team dan keluarga di makassar. Ewako





Love you bu...salam dariku dan Team Makassar. By Chitra





Semangat selalu Bu Retti,terima kasih atas inspirasinya sukses selalu





Semangat dan sehat selalu ibu, salam sukses





Keren ibu





Ibu Retti is the best..????????????





Ibu Retti is the best





Sukses selalu bu...





Sukses terus bu





Sukses selalu Bu Retti. Tetap menjadi mentor mama saya yg terbaik. Ewako Tante ....by. Nabila Putri Chitra





Sukses selalu buat Ibu Rety





Sukses selalu Bu Retty





Artikel Terkait