Bagi Yosep Sundara, memberikan pelayanan yang
terbaik bagi customer merupakan
prinsip dalam bekerja. “Biar penumpang ga
komplain, kerja harus maksimal, harus melakukan yang terbaik,” ucap pria
beranak dua ini dengan penuh semangat. Meskipun ia seorang cleaner kereta api, Yosep,
begitu ia dipanggil, selalu memegang teguh prinsip tersebut dan membuktikannya
pada 11 Februari silam.
Kisahnya diawali saat ia sedang bertugas di
kereta api Lodaya rute Solo – Bandung. Hal yang dilakukan Yosep kepada
penumpang kereta api ini mungkin sangat jarang dilakukan oleh cleaner lain. Seorang suami terlihat
gelisah lantaran penyakit sang istri yang sedang kambuh. Sang suami kemudian meminta
pertolongan kepada Yosep untuk segera dibelikan obat.
“Dia minta tolong saya untuk beli obat. Saya
bilang tidak bisa karena kan yang
jual obat maag adanya di stasiun besar dan itu masih jauh. Sementara istrinya kan butuh cepat,” papar pria yang baru
bergabung dengan ISS sejak 2 bulan yang lalu ini.
Tanpa diminta, Yosep pun berinisiatif mencari
obat maag tersebut ke setiap gerbong.
Obat yang dibutuhkan itu akhirnya berhasil didapatkannya dari seorang pramusaji
di restoran kereta. Tidak hanya membantu mencarikan obat maag, Yosep ternyata menolak uang yang diberikan oleh sang suami.
Sebab, bagi Yosep, tindakan ini tulus dilakukannya demi memberikan pelayanan
yang terbaik.
Namun, tanpa diduga, perbuatan terpuji yang
dilakukan Yosep pun berbuah manis. Suami tersebut memberikan apresiasi kepada
Yosep karena telah mendapat pelayanan terbaik yang jauh dari dugaannya. Ia pun
mengirimkan testimoni positif hingga akhirnya Yosep berhasil meraih Golden Heart Award yang diselenggarakan
ISS Indonesia pada akhir Februari lalu.