Dedi Menyulap Warkop Jadi Inovasi Senin, 20 Maret 2017

Dedi Menyulap Warkop Jadi Inovasi Image © ISS Indonesia.

“Kalau bekerja jangan hanya pas-pasan dilakukan”. Itulah pesan sang supervisor yang selalu melekat di benak Dedi Marzuki, Team Leader Merchandiser PT HM Sampoerna. Usianya boleh saja muda, masih 26 tahun. Tapi apa yang dilakukannya mungkin tak terlintas di pikiran Anda. Dedikasinya terhadap pekerjaan, lebih dari seorang Merchandiser. Inovasi yang dilakukannya ini diluar dari yang bayangan.

Kisahnya dimulai saat peluncuran produk UBold dari PT HM Sampoerna Tbk di area Padang Sidempuan. Kala itu, memang, belum banyak konsumen yang mengetahui tentang produk rokok terbaru UBold. Penjual pun mengalami kesulitan karena belum adanya awareness tentang produk tersebut. Bayangkan, sebelum inovasi ini diusungnya, produk UBold hanya mampu terjual 1-2 pack selama seminggu. Walhasil Dedi, begitu orang menyapanya, pun memutar otak untuk menciptakan awareness brand UBold kepada konsumen.

“Disinilah tantanganya. Saya harus memikirkan inovasi apa yang sebaiknya dilakukan. Kemudian saya terpikirkan untuk  mulai program saya di warung kopi (warkop) karena disitulah orang berkumpul, perokok terutama” papar pria yang memiliki hobi sepakbola ini.

Dari satu warkop ke warkop lain, 70 warkop lebih tepatnya, Dedi pun mengkomando team-nya untuk menjalankan misi tersebut, dengan modal nol rupiah kabarnya. Targetnya jelas, Dedi ingin merek ini lebih dikenal, bahkan menggusur kompetitor lain. Pertama-tama, Dedi menjalin pendekatan personal kepada pemilik warkop. Mereka dimintanya untuk menawarkan UBold secara langsung kepada konsumen.

Selain itu,  Dedi juga membuat berbagai perlombaan yang melekat dengan warkop  itu sendiri, seperti catur, domino, dan live acoustic sambil display produk dan menawarkan rokok UBold tentunya. Gayung pun bersambut, pengunjung warkop antusias dengan perlombaan tersebut. Apalagi setiap pemenang diberikan hadiah. “Saya memberi T Shirt, Tumbler, Asbak, Jacket dan Mancis. Saya hanya memanfaatkan barang material sisa program yang ada di gudang. Sebagai reward untuk program ini,”kata pengagum James Bond ini.

Upaya Dedi pun berbuah manis. Dedi berhasil mendongkrak penjualan UBold, dari yang semula 1-2 pack saja perminggu menjadi 70-80 pack. Hasil yang fantastis bukan? Maka tak heran jika ISS Indonesia memberikan penghargaan kepadanya dalam bidang inovasi. Armansyah Nasution, team HMS Padang Sidempuan pun bersyukur memiliki Team Leader Merchandiser seperti Dedi.

“Ia adalah Team Leader terbaik yang pernah kami miliki. Komitmen dan inisiatifnya tak perlu diragukan untuk mengembangkan dirinya dan brand PT HM Sampoerna Tbk itu sendiri. Dedi banyak membantu menjadi channel marketing khususnya untuk program warkop yang dilakukannya bersama team,” ungkap Armansyah.

Terima kasih Dedi! Inovasi dan dedikasimu menginspirasi kami! 


0 Komentar
Artikel Terkait
Kejujuran Bagian dari Tugas Pengamanan
Senin, 28 November 2016

Kejujuran Bagian dari Tugas Pengamanan

Pancaran Kekuatan Lewat Sikap Keibuan
Rabu, 20 Desember 2017

Pancaran Kekuatan Lewat Sikap Keibuan

Muda, Cekatan, dan Berani
Kamis, 04 Januari 2018

Muda, Cekatan, dan Berani