Tetap Ceria Dalam Kondisi Apapun Selasa, 26 September 2017

Tetap Ceria Dalam Kondisi Apapun Image © ISS Indonesia.

Rasanya siang itu matahari terasa begitu dekat.  Sepanjang perjalanan menuju Pabrik Walls Unilever di Kawasan Industri Jababeka 1, Cikarang, Bekasi terpapar tanaman dan rerumputan yang mengering di sana-sini karena udara kering dan teriknya sinar matahari. Namun, kering dan terik matahari tersebut tak menyusutkan semangat tim ISS Corporate Communication untuk menyambangi seorang Team Leader yang dikenal selalu ceria di mata klien. Ya, dialah Jenal Buchori atau yang biasa dipanggil Jenal oleh teman-teman sejawatnya. Pembawaan ceria dari suami Yati Octaviani ini bahkan terdengar jelas saat GREAT bercakap-cakap dengannya via telepon.

Salah satu hal yang senantiasa ia lakukan kepada tim dibawahnya adalah terus bersikap bersemangat dan berupaya dalam memenuhi permintaan, baik dari klien maupun atasan, walaupun kerap berada diluar scope of work nya. “Disini pulangnya enggak menentu, kadang bisa malam bila ada permintaan dari klien. Saya sendiri, lebih suka bila klien bersikap cerewet, karena itu adalah merupakan tantangan tersendiri bagi saya dibandingkan klien yang hanya diam saja dan tak jelas keinginannya,” ujar Bapak seorang putra usia 5 tahun ini yang senantiasa mengawali harinya dengan meminum segelas air putih setelah bangun tidur.

Proaktif dan tidak cepat merasa puas merupakan dua hal yang sangat diperhatikan Jenal saat berada di area. “Selalu tanya-tanya ke atasan bila ada yang kurang jelas” jelas Team Leader yang sekarang di kerah baju seragamnya tersematkan empat buah PIN sebagai lambang prestasi kerja yang telah diraihnya – Nakula, Sadewa,Arjuna, dan Bima.

Dalam upaya mendekatkan diri dengan para great people, Jenal senantiasa mengadakan touring motor bersama-sama bawahannya. “Kalo mereka happy, kita juga kerjanya ga’ perlu pake otot” urainya tentang bagaimana sebuah engagement diadakan di area kerjanya. Selain itu, ia bersama beberapa Team Leader dan atasannya –-Pak Ahmad-– senantiasa mengadakan kegiatan yang mereka sebut sebagai NGOLING atau Ngopi Keliling pada setiap minggu untuk para operator. Kagiatan ini dilaksanakan seperti sebuah arisan.

Dalam membina hubungan kerja dengan atasan dan klien, Jenal juga dikenal cakap dalam bidang administrasi, selain piawai dalam hal kepemimpinan. Kedua hal tersebutlah yang berhasil membawa Jenal ke atas panggung kehormatan TBE (The Best Employee) 79 pada bulan Agustus silam dan menerima penghargaan langsung dari CEO Group Jeff Gravenhorst dan CEO Indonesia Elisa Lumbantoruan. “Bagi kami, ISS adalah tempat belajar dan banyak ilmu yang kami dapatkan di ISS, jadi bukan sekedar tempat mencari uang” ujar Pak Ahmad, Field & Care Manager, sekaligus sebagai atasan langsung Jenal.

Di penghujung percakapan dalam sebuah ruang observasi area produksi yang sangat terawat kebersihannya, Jenal mengisahkan bagaimana diawal karir dia melihat seorang pengawas yang bisanya hanya marah-marah kepada operator tanpa melihat fakta sebenarnya dilapangan. “Saya terinspirasi kalo nanti jadi pengawas enggak mau jadi seperti dia” ujar Jenal menutup kisahnya.


0 Komentar