Membawa Perubahan Karena Tanggung Jawab Jumat, 05 Maret 2021

Membawa Perubahan Karena Tanggung Jawab Image © ISS Indonesia.

Sosoknya yang mampu memotivasi tim telah membawa perubahan berarti bagi kelancaran operasional di 1Park Residences. Sejak kehadirannya setahun yang lalu, tepatnya pada 2 Januari 2020, apartemen hunian yang berlokasi di Jakarta Selatan tersebut kian mengalami peningkatan dalam kualitas pelayanan kebersihan.

“Ibu Rianeu Adrya Amenity, dari awal kedatangannya sudah memberikan dampak yang positif terhadap gedung ini. Sangat inisiatif dan selalu memberikan masukan yang positif terutama di bidang housekeeping, bagi kami itu sangat baik,” ujar Chief Housekeeping 1Park Residences, Budi Sulistyo.

Ya, itulah Rianeu dalam penilaian klien di area yang lebih dari tujuh tahun terakhir ini telah bermitra dengan ISS Indonesia. Rianeu, atau sehari-harinya biasa disapa Ane, adalah seorang junior supervisor yang memimpin 33 operator general cleaning services dan gondola. Ia bersama timnya diakui dapat membuktikan kinerja yang baik dengan dedikasi yang tinggi.

Bagaimana Ane melakukannya?

Tanggung Jawab Modal Utamanya

Upaya Ane dalam menjalankan peranannya sebagai pengawas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu dan kesabaran untuk ia bisa memimpin anggota tim, yang tak sedikit di antaranya berusia lebih tua ataupun memiliki pengalaman lebih dari dirinya, agar mau berubah demi kebaikan melalui penyampaian service excellence.

Semasa awal penugasannya di 1Park Residences, Ane kerap mendapati beberapa operatornya yang ‘nakal’ atau suka kabur-kaburan sehingga lalai dengan tanggung jawab mereka. Ane melihatnya sebagai tantangan untuk bisa mengubah timnya menjadi lebih baik.

“Jadi challenge-nya adalah gimana caranya saya supaya bikin operator yang malas ini untuk lebih rajin lagi. Dia harus takut sama saya, enggak. Saya nggak pernah kayak gitu. Tapi saya tanamkan dengan tanggung jawabnya,” ujar Ane, yang juga pernah ditugaskan di area universitas dan perkantoran.

Ane menekankan, “Selain itu, jujur. Kita kerja jujur aja dulu. Kalau kerja udah jujur, kita mau ngelakuin apa pun enjoy aja, pede (percaya diri), nggak takut. Balik lagi. Jujur itu berarti harus bertanggung jawab,” lanjutnya.

Ane meyakini bahwa tanggung jawab setiap orang terhadap apa pun yang dilakukan di dunia, kelak menjadi pertanggungjawaban orang itu di akhirat nanti. Memelihara tanggung jawab dalam bekerja begitu ia tekankan untuk dirinya dan tim yang dipimpinnya.

Dari situ, Ane pun berupaya untuk mengimbangi mereka melalui pendekatan dari teman ke teman. Perlahan tapi pasti, mereka jadi tidak sungkan untuk bercerita tentang apa pun kepadanya.

“Kalo kamu kerjanya bener, sedikitpun akan berkah dan kamu akan merasa bersyukur dan puas dengan hasil yang kamu dapetin. Yang penting kita kerja sesuai prosedur kerja, sesuai aturan kerja, sesuai aturan safety (K3L), aman, sesuai service excellence untuk klien,” jelas Ane.

Upaya Ane dalam memotivasi timnya mendapat apresiasi dari Service Supervisor ISS Indonesia di 1Park Residences, Agus Faozan. Atasan Ane tersebut juga mengharapkan agar Ane dapat terus menjadi contoh bagi timnya sehingga kualitas pelayanan dapat terus ditingkatkan.

Agus mengakui, “Dari sejak datang, beliau sudah bikin banyak perubahan untuk kemajuan area. Bisa kasih semangat ke front liner di sini terutama, jadi lebih bersemangat karena beliaunya sering kasih motivasi, melakukan training kepada front liner di sini. Dan beliau komunikasinya saya rasa sangat baik, orangnya humble," cerita Agus.

Ingin Maju untuk Keluarga

Mengawali kariernya di ISS Indonesia sebagai seorang cleaner pada tahun 2013 lalu, Ane berkeinginan untuk bisa membahagiakan keluarganya. Baginya, keluarga adalah yang memotivasi dirinya untuk maju, dan mereka jugalah yang menjadi tujuan hidupnya.

“Karena aku bukan dari golongan orang berada, jadi aku kerja ya buat nyenengin keluarga, semua prioritasku itu buat keluarga. Tujuan hidupku tuh keluarga, karena kembali lagi, aku akan balik lagi ke keluargaku," ucap Ane.

Lahir di Jakarta, 26 tahun yang lalu, bungsu dari enam bersaudara ini menyadari kalau ia hanyalah lulusan SMA. Tapi itu tak menjadi penghalang untuk ia bisa terus belajar, sambil meniti jalan sukses dalam kariernya bekerja. Ane pun mengalami hal serupa dengan teman-teman seprofesinya, di mana segelintir orang di sekitarnya memandang profesi cleaner dari sebelah mata saja.

Di ISS Indonesia, kesempatan untuk berkarier terbuka luas bagi karyawan yang mampu membuktikan kualitas kinerja dan konsistensinya dengan baik, termasuk juga Ane. Melalui pendidikan dan pelatihan yang diberikan, dan yang terbesarnya melalui pekerjaan yang mereka lakukan sehari-hari, perkembangan karakter terjadi dan itu jugalah yang Ane alami bersama dengan perusahaan global penyedia layanan kebersihan nomor 1 ini.

Pertengahan tahun 2019 lalu, Ane berkesempatan untuk dipercaya naik level dari operator menjadi seorang pengawas. Meski perang batin akan kesanggupan dirinya untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar sempat menghalanginya, tapi Ane mampu membuktikan kalau ia bisa bertanggung jawab dalam mengemban tugas itu.

“Meskipun aku di dunia cleaner udah bertahun-tahun, tapi aku kayak merasa, bisa nggak sih? Me-manage orang itu kan nggak segampang yang kita pikir. Nah aku belajarlah dari situ pelan-pelan, baca karakter teman-teman, oh dia kayak begini ya. Aku coba terapkan cara kerjanya kayak begini,” ujarnya.

Belajar, belajar, dan belajar. Ane terus belajar karena ingin dirinya maju demi menggapai kesuksesannya. Ia ingin terus membuat perubahan yang lebih baik kepada tim dan fasilitas pelanggan yang dikelolanya. Semua itu ia dedikasikan untuk keluarganya dan orang tua yang telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta.

“Karena hidup itu harus ada perubahan, kita harus berjalan maju, nggak di tempat ataupun mundur juga. Dan aku selalu percaya kalau yang kamu lakukan hari ini, yang kamu kerjakan hari ini, kebaikan yang kamu lakukan, suatu saat nanti akan ada kebaikan lain yang datang untuk diri kamu sendiri,” pungkas Ane.***


0 Komentar