Kejujuran Datang Dari Hal Kecil Kamis, 25 Mei 2017

Kejujuran Datang Dari Hal Kecil Image © ISS Indonesia.

Suatu petang, pria berbaju kotak-kotak biru itu melakukan rutinitasnya mengumpulkan pakaian pegawai yang akan dicuci. Sebelum menyerahkannya ke layanan laundry, ia terlebih dahulu memeriksa kantung celana untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal. “Uang punya siapa ini, banyak sekali...Untung diperiksa dulu,” gumam pria yang bernama Mustajib ini. Ini memang bukan kali pertama Mujib – begitu ia akrab disapa – menemukan uang yang tertinggal.

Pria berusia 45 tahun ini sudah terbiasa mendapati barang di kantung celana, mulai dari uang receh, uang bernominal besar, flashdisc, hingga barang antik seperti anting warisan. Yang luar biasa adalah tak pernah sekalipun Mujib tergiur dengan hasil temuannya itu. Karenanya, seperti yang pernah ia lakukan saat menemukan barang, Mujib pun dengan sigap melapor kepada sang pengawas. “Satu setengah juta...” ujar mereka bersamaan setelah selesai menghitung uang yang baru saja ditemukan Mujib. Uang tersebut kemudian diserahkan kepada customer service untuk diproses lebih lanjut.

Beberapa hari setelahnya, Mujib mendapat perintah untuk menghadap Budi Utomo, Factory Manager PT. Nestlé Indonesia-Kejayan Factory, tempat dirinya bekerja. “Salah saya apa,” ujar bapak beranak dua ini, lirih. Dihantui rasa was-was, ia pun memenuhi panggilan itu. Namun, di luar dugaannya, Mujib justru mendapatkan apresiasi atas integritas karena telah menjalankan nilai-nilai yang dijunjung perusahaan.

Selain mendapatkan penghargaan, tindakan Mujib ini pun mengundang decak kagum banyak pihak, salah satunya adalah Surya Adi Santoso, Factory Support – HRD PT Nestlé Indonesia-Kejayan Factory. “Saya ucapkan terima kasih kepada ISS yang telah mendidik semua tim terutama yang ditempatkan di seluruh site PT. Nestlé Indonesia. Saya excited karena ternyata di zaman seperti ini, masih ada orang yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Ini sejalan dengan nilai yang diterapkan Nestlé. Kami sangat mengapresiasi ketika ada laporan penemuan uang tersebut dan dikembalikan langsung terhadap pemiliknya,” ungkapnya.

Ketika ditanya apa yang mendorong Mujib sehingga ia berlaku jujur, pria pengagum Jendral Sudirman ini dengan lantang menjawab, “Allah Maha melihat, sekecil apa pun tindakan kita akan dicatat. Orang memang tidak akan tahu jika saya menyembunyikan, katakanlah Rp 5.000, itu memang kecil. Tapi Allah Maha melihat dan tahu. Lagi pula itu bukan hak saya.” 

Penghargaan yang berhasil diraih Mujib tak membuat dirinya besar kepala. Pria penyuka minuman jus ini justru bersyukur karena hal terpuji yang ia lakukan tak lepas dari peranan ISS yang kerap mengingatkan karyawannya untuk berlaku jujur. “Kalau dulu masuk kerja, tinggal masuk saja. Di ISS berbeda. Sebelum mulai kerja, ada briefing dari team leader. Mereka tanpa bosan mengingatkan kita untuk jujur. Ada pelatihan dan pengarahan untuk kita bekerja dengan beretika, jadi kita tahu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mujib pun mengungkapkan impiannya untuk berkarir di ISS. “Semoga saya bisa terus memiliki karir di ISS. Kuncinya menurut saya adalah kerja yang jujur, mulai dari hal kecil. Jangan pernah mengambil apa yang bukan hak kita,” tutupnya sambil tersenyum.


1 Komentar

Jujur... satu kata sejuta makna penuh dengan kebaikan.. sangat menginspirasi!





Artikel Terkait
Membuka Diri Untuk Belajar
Minggu, 04 November 2018

Membuka Diri Untuk Belajar

Semangat Kejujuran Berbuah Penghargaan
Minggu, 26 November 2017

Semangat Kejujuran Berbuah Penghargaan

Melayani Setulus Hati
Sabtu, 18 November 2017

Melayani Setulus Hati

Pancaran Kekuatan Lewat Sikap Keibuan
Rabu, 20 Desember 2017

Pancaran Kekuatan Lewat Sikap Keibuan